youngster.id - Untuk mendorong setiap langkah para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk bangkit dan pulih di masa pandemi, ShopeePay membuat beberapa terobosan. Salah satunya program Semangat UMKM Lokal.
Program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi oleh ShopeePay sejak Maret 2021 merupakan salah satu upaya mendorong bangkitnya UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Program ini telah menjangkau banyak pemilik usaha di lebih dari 45 sentra UMKM, lebih dari 11 kota dan enam pulau besar di Indonesia. Melalui Cashback Spesial 60%, ShopeePay membantu memberikan stimulus guna mendorong masyarakat bertransaksi di banyak gerai UMKM.
Selama 2021, di sembilan kota yang telah dikunjungi program Semangat UMKM Lokal yakni Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Solo, Yogyakarta, dan Denpasar, jumlah merchant UMKM tumbuh 4,5 kali lipat dibanding 2020. Program ini pun terus dihadirkan di 2022 guna mendukung lebih banyak pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital, sejalan dengan upaya pemerintah yang menargetkan digitalisasi 30 juta UMKM di 2024.
Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia.
“Di tengah situasi yang tak menentu pada 2021, kami menghadirkan program Semangat UMKM Lokal sebagai langkah nyata kami dalam mendorong bangkitnya UMKM di tengah pandemi. Selain itu, kami juga terus menghadirkan berbagai inovasi fitur, program, dan promo menarik guna mendorong adopsi teknologi pada bisnis pelaku UMKM. Dengan berbagai upaya yang kami lakukan, pada 2021 jumlah merchant UMKM baru yang bergabung menjadi merchant ShopeePay tumbuh empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya,” ujar Eka, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu (23/4/2022).
Dengan antusiasme penggunaan berbagai layanan digital dan transaksi online yang sangat luar biasa pada masyarakat, banyak pelaku UMKM yang semakin terdorong untuk masuk ke dalam ekosistem digital dan memanfaatkan platform digital untuk bertahan. Melihat semangat tersebut, ShopeePay mengerahkan berbagai upaya untuk membantu pelaku UMKM. Tercatat hingga 2021, ShopeePay telah bekerjasama dengan lebih banyak merchant UMKM dari tahun sebelumnya, diikuti dengan peningkatan jumlah transaksi yang signifikan di merchant UMKM tersebut.
Saat ini, ShopeePay telah tersedia sebagai metode pembayaran di lebih dari satu juta merchant di seluruh Indonesia. Ke depannya, ShopeePay akan terus menghadirkan program Semangat UMKM Lokal ke lebih banyak kota dan pelaku UMKM di Indonesia, serta terus memperluas jangkauan layanan ShopeePay.
“Di tahun ini, kami ingin terus menggandeng para merchant, termasuk pelaku UMKM, untuk bisa bangkit dan mengembangkan usahanya. Kami juga akan terus menambah use case bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Eka.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post