Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ramadan Jadi Momentum Belanja yang Paling Ditunggu

28 April 2019
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
twitter

Twitter. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Twitter adalah tempat di mana percakapan menjadi lebih hidup selama bulan Ramadan. Mulai dari percakapan seputar religi dan kesehatan hingga makanan dan hiburan, percakapan meningkat secara real-time di Twitter untuk berbagi informasi maupun beragam momen penting yang mereka alami selama bulan Ramadan.

 Twitter melakukan survei terhadap 1.573 pengguna di Indonesia melalui platform Twitter pada bulan Februari 2019 dan terhadap 174 pengguna aktif harian di Indonesia melalui panel daring pada bulan April 2019.

Pengguna Twitter di Indonesia beralih ke saluran online dan offline untuk berbelanja selama bulan Ramadan, di mana satu dari tiga pengguna berniat lebih banyak berbelanja di toko ritel. Sedangkan, satu dari empat lebih menikmati berbelanja menggunakan perangkat mobile.

Pengambilan keputusan berbelanja sangatlah cepat, dengan 61% pengguna Twitter di Indonesia merencanakan berbelanja kebutuhan Ramadan hanya satu minggu sebelum mulainya bulan puasa.13 Penawaran dan diskon dari brand harus disesuaikan dengan pola belanja tersebut untuk memaksimalkan penjualan.

Baca juga :   Program Kampus Merdeka Progate Berikan Studi Coding dan Digital Leadership

Selama bulan Ramadan, tiga kategori teratas dengan pembelian tertinggi adalah: pakaian/aksesoris berbusana (70%), tiket pesawat (50%), dan peralatan rumah tangga (48%).14

 Dengan semangat saling berbagi, empat dari lima pengguna Twitter berencana membeli hadiah untuk diri mereka sendiri atau orang lain pada bulan Ramadan.15 Bulan Ramadan juga menandakan tingginya pengeluaran untuk pembelian hadiah, yang rata-rata mencapai Rp. 500,000 hingga Rp. 1 juta.16

Wisatawan beralih ke Twitter untuk mendapatkan informasi tawaran dan rekomendasi perjalanan terbaik selama dan setelah Ramadan

Tahun lalu, terdapat lebih dari tiga juta Tweet terkait ‘mudik’ di Indonesia, di mana penyebutan percakapan seputar ‘mudik’ terus meningkat selama berlangsungnya Ramadan hingga dua minggu setelah lebaran.17

Baca juga :   Festival Kebhinekaan Kembali Digelar

Puncak pemesanan tiket perjalanan terjadi pada awal Ramadan, di mana 41% pengguna yang berencana bepergian memesan tiket hanya dua minggu sebelum jadwal perjalanan mereka.18 Karena perjalanan direncanakan oleh banyak orang, informasi terkait tiket, termasuk diskon dan penawaran menarik menjadi konten utama yang wisatawan ingin lihat dari sebuah merek(63%).19

Para wisatawan akan sering bepergian selama bulan Ramadan Berikut ini adalah beberapa topik utama terkait perjalanan ‘mudik’ yang diharapkan pengguna Twitter Indonesia dari sebuah brand: rute terbaik selama perjalanan (48%), hiburan selama perjalanan (47%) dan tips untuk memastikan perjalanan lancar (37%). 

Ramadan adalah momen di mana terdapat perubahan rutinitas dan perilaku pengguna di Twitter, dan hal tersebut dapat menjadi insight menarik bagi brand untuk dapat membantu merancang kampanye Ramadan. Bulan Ramadan merupakan kesempatan bagi brand untuk meningkatkan interaksi dengan audiens yang aktif dan receptive di Twitter, sebagaimana rasa ingin tahu mereka terhadap hal-hal baru sangatlah tinggi. Mulai dari melakukan aktivasi khusus pada hari-hari tertentu di bulan Ramadan hingga meluncurkan sesuatu yang baru dengan solusi yang dikembangkan secara khusus, Twitter memberikan peluang kepada brand untuk lebih terpapar dengan berbagai momen yang terjadi selama Ramadan.

Baca juga :   Brand Perlu Mengikuti Arus Positif Yang Diinginkan Pelanggan

STEVY WIDIA

Tags: brand
Previous Post

IEL University Series 2019 Ajang Kompetisi Menjaring Atlet Pelatnas e-Sport Indonesia

Next Post

Go-Food Berpotensi Cetak Jutaan Lapangan Kerja

Related Posts

Meta Instagram
Headline

Meta Hubungkan Brand dan Kreator di Instagram Creator Marketplace

11 Juni 2024
0
startup
News

Ini Perubahan yang Harus Diperhatikan Brand Pasca Pandemi

9 Oktober 2022
0
Influencer marketing
Headline

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Load More
Next Post
Bisnis Kopi dan Ayam Geprek Jadi Tren di Go-Food

Go-Food Berpotensi Cetak Jutaan Lapangan Kerja

Telkom University Gelar Seminar Digital DNA 2019

Telkom University Gelar Seminar Digital DNA 2019

Ubud Food Festival Tantang Pecinta Makan Pedas

Ubud Food Festival Tantang Pecinta Makan Pedas

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version