youngster.id - Di tengah pertumbuhan lokal brand yang pesat, upaya mengembangkan brand asal Indonesia di pasar regional menjadi ambisi penting bagi Social Bella. Untuk itu, startup techbeauty ini memberikan dukungan komprehensif untuk tiga brand kecantikan Indonesia ESQA, Avoskin dan Carasun ekspansi ke Vietnam.
Presiden dan Co Founder Social Bella Christopher Madiam mengatakan, dalam dua tahun belakangan ini, penetrasi brand lokal di Indonesia sungguh di luar ekspektasi. Sejumlah brand lokal tergolong baru nan inovatif mampu meraih market share signifikan dan membangun komunitas pendukung yang loyal.
“Memanfaatkan keahlian dan pengalaman dalam membantu beragam brand kecantikan masuk dan bertumbuh di pasar Indonesia, perusahaan kini aktif memperkuat pengaruh lokal brand di pecinta kecantikan Vietnam. Seiring dengan ekspansi kami ke Vietnam sejak 2020, Social Bella telah berhasil memboyong serta 3 brand lokal kecintaan pelanggan Indonesian yaitu ESQA Cosmetics, Avoskin dan Carasun,” kata Christopher dalam siaran pers, Jumat (18/8/2022).
Kepercayaan tinggi Christopher terhadap brand lokal memiliki dasar kuat. Social Bella telah membuktikan sendiri kesuksesan dari ratusan mitra lokal brand yang bergabung di ekosistemnya.
“Kemajuan industri lokal ini tentu kami sambut gembira, apalagi melihat kualitas produk lokal yang mampu bersaing di pasar mancanegara. Ekspansi kami bersama ESQA Cosmetics, Avoskin dan Carasun barulah awal dari ambisi kami yang lebih besar untuk turut mendorong kemajuan industri brand lokal. Mendorong brand lokal menjangkau pasar regional bukan hanya perkara bisnis bagi kami, ini juga bagian dari visi kami sejak Social Bella berdiri,” kata Christopher.
Dia yakin, ketiga brand Indonesia dalam meraih pangsa pasarnya di Vietnam. “Baru beberapa bulan berjalan sejak kami membawa Avoskin dan Carasun ke Vietnam, tapi perkembangannya sudah baik sekali. Meski pasar kecantikan Vietnam sangat kompetitif, ketiga brand lokal Indonesia ini mampu merebut hati lebih banyak pencinta kecantikan dengan nilai dan pendekatan unik mereka,” ujar Christopher.
ESQA Cosmetics menjadi brand lokal pertama yang berekspansi ke pasar Vietnam dengan Social Bella. “Sebuah kebanggaan bagi kami untuk menjadi brand lokal pertama yang hadir di Vietnam bersama Social Bella. Kami bersyukur atas dukungan Social Bella sebagai mitra strategis kami dalam mengembangkan bisnis baik hingga ke pasar luar Indonesia. Banyak pengalaman menarik yang membuka mata kami selama 2 tahun berekspansi ke Vietnam. Tidak terbayangkan saat memulai ESQA kami bisa tumbuh seperti sekarang.” kata Cindy Angelina Co-founder ESQA Cosmetics.
Sementara Managing Director Social Bella Vietnam, Dat Nguyen mengungkapkan, hanya dalam waktu 2 tahun, Sociolla sebagai di bawah naungan Social Bella telah memikat hati para penggemar kecantikan dan membawa tolok ukur baru di industri kecantikan Vietnam.
“Tidak hanya kuat di layanan omnichannel yang lengkap dan berbasis teknologi, perusahaan mendapat respon positif dari pelanggan Vietnam untuk kurasi produk-produk unggulan Indonesia yang kami tawarkan di toko-toko Sociolla. Minat pasar ini mencerminkan potensi pasar yang menjanjikan bagi brand asal Indonesia lain untuk memenuhi kebutuhan para penggemar kecantikan Vietnam yang terus meningkat,” katanya.
Ekspansi Social Bella ke Vietnam terjadi di masa pandemi pada 2020. Namun selama 2 tahun terakhir, perusahaan telah mencatat pertumbuhan yang memuaskan di Vietnam dengan pertumbuhan pengguna baru sebesar lebih dari 30% (month on month). Dimulai dengan 1 flagship store di jantung Kota Ho Chi Minh pada 2020, kini Sociolla memiliki 13 gerai yang tersebar di 4 kota besar dan provinsi di Vietnam.
STEVY WIDIA
Discussion about this post