youngster.id - Produk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) dinilai mampu bersaing dengan produk luar negeri. Bahkan pemerintah menargetkan pada tahun 2020 80% produk UMKM akan dapat menguasai pasar e-commerce di Indonesia.
Hal ini disampaikan Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Komenterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septiana Tangkari.
“Saat ini di marketplace, masih 60% produk dari luar, jadi produk lokal hanya 40%. Targetnya 80% di tahun 2020 akan berbalik,” ujar Septiana belum lama ini di Jakarta.
Menurutnya, potensi berbagai produk UMKM untuk dikembangkan masih besar, karena UMKM di Indonesia sendiri jumlahnya mencapai 59 juta. “Kami memang bersinergi untuk peningkatan e-commerce Indonesia, kami mengajak teman-teman yang bergerak di marketplace untuk menggerakkan UMKM. Bagaimana cara untuk merajai produk-produk di Indonesia,” ungkap Septiana.
Menanggapi hal itu, CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan, pihaknya tengah fokus membangun produk-produk dalam negeri. Bahkan Blibli.com menargetkan pada 2020 mendatang produk UMKM lokal bisa mencapai 30%- 40%.
“Dari 25.000 partner, UKM-nya antara 500 sampai 1.000. Kan kecil, tapi ini bertambah terus. Tapi ini fleksibel. Saya bilang masih kecil, sekitar 5-6%,” ungkap Kusumo.
Menurut pengagas kompetisi The Big Star Indonesia itu, dalam membangun produk UMKM dalam negeri agar bersaing dan memiliki nilai jual perlu usaha yang lebih keras dibandingkan dengan mengimpor barang dari negara lain.
“Kami mau sebagai salah satu pemain besar di Indonesia, kami mau bikin UMKM juga ikut dibesarkan. Lebih susah daripada mengambil barang impor? Ya lebih susah. Kalau saya kepinginnya, paling enggak 30-40% produsen lokal,” paparnya.
Untuk itulah, pihaknya menyelenggarakan program The Big Start Indonesia yang sudah berjalan ditahun kedua. Adapun, The Big Start Indonesia merupakan sebuah kompetisi yang diperuntukkan bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberi kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan produk kreatif terbaiknya serta mempersiapkan diri menuju era digital khususnya e-commerce.
Pada ajang kali ini Blibli.com telah mendapatkan 20 UMKM finalis setelah melalui tahapan penjaringan hingga seleksi dari 20.000 UMKM yang mendaftar program tersebut. Para finalis akan melewati babak karantina di Jakarta mulai 5-19 Oktober 2017 dan akan dipilih tiga terbaik dengan hadiah total Rp 1 miliar.
STEVY WIDIA
Discussion about this post