youngster.id - Situasi tak terduga kerap muncul dalam perjalanan, mulai dari perubahan jadwal penerbangan, hingga kendala teknis maupun kondisi mendadak lain yang berpotensi mengganggu kenyamanan pelanggan. Kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, responsif, dan selalu siap siaga menjadi semakin mendesak.
Menjawab kebutuhan di tengah ketidakpastian perjalanan sekaligus memperingati Hari Pelanggan Nasional 2025, tiket.com menghadirkan transformasi halo tiket. Layanan pelanggan digital berbasis AI ini siap menjadi solusi yang cepat dan dapat diandalkan untuk keamanan perjalanan pengguna platform tiket.com.
“Dalam perjalanan, setiap menit sangat berharga. Kendala sekecil apapun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan berpotensi mengganggu rencana perjalanan. Melalui kehadiran halo tiket, pelanggan bisa mendapatkan solusi instan dengan memastikan setiap masalah terselesaikan maksimal dalam 1 jam,” kata Gaery Undarsa Chief Marketing Officer dan Co-Founder tiket.com dikutip dari keterangan pers, Jumat (5/9/2025).
Gaery mengungkapkan, kondisi ketidakpastian, termasuk meningkatnya aksi unjuk rasa, mendorong masyarakat untuk lebih mengutamakan keamanan dengan memilih opsi reschedule atau refund atas perjalanan yang sudah direncanakan. Hal ini terlihat dari terjadi kenaikan permintaan refund dan reschedule di tiket.com selama periode aksi dibandingkan minggu sebelumnya. Kenaikan hingga 49% pada produk penerbangan, 13% pada akomodasi, dan 14% pada event.
“Dari seluruh permintaan refund yang masuk, 69% disebabkan alasan personal, termasuk penyesuaian rencana akibat situasi yang berlangsung,” ujarnya.
Dengan halo tiket, tiket.com menghadirkan pengalaman baru layanan pelanggan melalui berbagai inovasi yang dirancang khusus menjawab kebutuhan sobat tiket. Layanan digital ini berbasis artificial intelligence (AI) dengan asisten virtual hadir 24/7 untuk memberikan jawaban dan solusi awal terhadap berbagai pertanyaan pelanggan.
Selain itu, layanan ini berkomitmen “30 Detik Nyambung, Bebas Bingung”. Melalui komitmen ini, pelanggan dapat langsung terhubung dengan tim halo tiket tanpa perlu menunggu lama. Selain itu Halo tiket memiliki janji “1 Jam Tuntas, Liburan Bebas Cemas”, untuk memastikan setiap laporan pelanggan ditangani maksimal dalam 60 menit, dengan solusi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
“Halo tiket juga memberikan perlindungan tambahan ketika sobat tiket menghadapi kondisi ekstrem seperti bencana alam, musibah, atau gangguan mendadak lainnya. Dengan inovasi ini, tiket.com ingin memastikan pelanggan dapat kembali menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir,” pungkas Gaery.
STEVY WIDIA