youngster.id - Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI periode 2018-2022 menunjukkan bahwa produk personal care dan kosmetik menjadi top 3 penjualan di marketplace. Bahkan nilai transaksi produk ini mencapai Rp13.287,4 triliun dan volume transaksi 145,44 juta.
Melihat perkembangan industri kosmetik Indonesia mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan panggung bagi pelaku usaha di kategori kecantikan, kesehatan dan perawatan tubuh. Yang terbaru adalah gelar ‘For You Beauty Fair’ yang berlangsung secara offline pada 6-8 September 2024 di Laguna Atrium, Central Park Mall dan online pada 2-8 September 2024 di aplikasi Tokopedia dan ShopTokopedia pada aplikasi TikTok.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz mengatakan, industri kosmetik Indonesia yang semakin berkembang, serta komposisi 95% pelaku usaha kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022.
“Melalui kampanye online dan offline For You Beauty Fair yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, kami ingin memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha, termasuk di kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” kata Rizky dikutip Jumat (7/9/2024).
Kampanye For You Beauty Fair ini menghadirkan puluhan pelaku usaha terutama brand lokal dari industri kecantikan, kesehatan, dan perawatan tubuh. Diantaranya ada Facetology, Somethinc, Crusita, H&H Skincare, NPURE, True to Skin, Iswhite, ESQA Cosmetics, Emina Cosmetics, Guèle Cosmetics, Noera by Reisha, Madame Gie Cosmetics, Kahf dan masih banyak lagi.
Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dapat diikuti pengunjung pada kegiatan offline For You Beauty Fair, termasuk hair styling demo, beauty talk show, make up class, live streaming di booth ShopTokopedia serta keseruan lainnya yang melibatkan banyak influencer serta kreator konten favorit masyarakat. Selama acara berlangsung, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai promo, seperti flash sale hingga 90%, diskon besar-besaran serta beragam hadiah menarik.
Selain menghadirkan kampanye For You Beauty Fair, Tokopedia dan ShopTokopedia konsisten memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha lokal di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh lewat kampanye rutin Tokopedia Beauty. Serta menggelar ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards dan kampanye Beli Lokal.
“Kampanye Beli Lokal terbukti membantu mendongkrak penjualan. Contohnya, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia,” jelar Rizky.
Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pertumbuhan penjualan para pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia, dan turut berkontribusi pada tren belanja online masyarakat sekaligus perekonomian tanah air.
“Di Tokopedia khususnya pada kategori Kecantikan, beberapa produk yang terlaris selama kuartal II 2024 adalah krim wajah, toner, cleanser, serum wajah hingga krim tirai matahari. Sedangkan di ShopTokopedia pada kategori Kecantikan, serum, pelembap wajah, masker wajah, lipstick dan paket skincare adalah beberapa produk yang paling diburu masyarakat,” tutur Rizky.
Di sisi lain, Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh sepanjang kuartal II 2024 dibandingkan kuartal II 2023, antara lain Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.
“Sementara di ShopTokopedia selama kuartal II 2024, sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh yaitu Sumatra Selatan, Lampung Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat,” tutup Rizky.
STEVY WIDIA