Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Transaksi e-Commerce Ditargetkan US$ 130 Miliar

8 September 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Apa Tantangan Terbesar e-Commerce di Indonesia ?

Sekitar 200 e-commerce gelar berbagai promosi di ajang IESE 2017. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah memiliki target nilai transaksi e-commerce mencapai US$ 130 miliar pada 2020. Namun untuk ukuran ASEAN, Indonesia masih kalah transaksi e-commerce-nya dibandingkan negara-negara seperti Singapura, Thailand bahkan Vietnam.

Hal ini disampaikan I Nyoman Adhiarna, Head of Bussiness Policy and Regulation Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). “Transaksi paling besar berasal dari produk fesyen, yakni 42,6% di 2016 lalu,” tutur Nyoman dalam seminar Commercial Digitalization belum lama ini.

Menurut Nyoman tantangan pemerintah, kata Nyoman, ialah ketersediaan regulasi. “Regulasi kami akui umumnya terlambat, setidaknya kalau bikin aturan bagaimana kami usahakan tidak lambat-lambat amat,” ujarnya.

Potensi digital dari e-commerce ini patut dicermati pemerintah. Bagi Nyoman, dengan big data misalnya yang terdapat di Waze maupun Google Maps bisa diberdayakan untuk kepentingan pelayanan publik.

Baca juga :   Pasar e-Commerce Akan Terus Tumbuh, 50% GMV Konsumen Digital Dari Indonesia

Oleh karenanya Kominfo berintegrasi dengan banyak kementerian mulai dari perdagangan hingga perhubungan. “Tentu kami perlu kembangkan peraturan perdagangan elektronik, dengan concern utama masalah keamanan jaringan,” kata Nyoman.

Tugas pemerintah, kata Nyoman, bagaimana menjaga agar transaksi e-commerce dominan di lakukan di dalam negeri bukan ke luar dan menggenjot transaksi online.

Kominfo mencatat, saat ini ada puluhan startup di Indonesia dengan nilai bisnis yang berada di kisaran US$ 1,5 miliar hingga US$ 5 miliar. “Adapun tujuh isu utama soal e-commerce ini melingkupi edukasi, logistik, communication infrastructure, cybersecurity, finance, tax dan consumer protection,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceKementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo)potensi digitaltransaksi e-commerce
Previous Post

Android Hackathon 2017 Lahirkan 3 Aplikasi Terbaik

Next Post

Microsoft: Indonesia Masih Masuk Daftar Ancaman Siber

Related Posts

transaksi e-commerce
Headline

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
0
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Load More
Next Post
serangan siber

Microsoft: Indonesia Masih Masuk Daftar Ancaman Siber

Laporan Keuangan Telkom Kuartal III Tahun 2016  Pendapatan Data, Internet, dan IT Services Meningkat Tajam

Telkom Gelar Bedah Rumah

Perusahaan e-Commerce Ini Melantai di Bursa

Perusahaan e-Commerce Ini Melantai di Bursa

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version