Transaksi tiket.com Capai 20 Ribu Tiket Perhari

(Ki-Ka) CEO Blibli.com Kusumo Martanto, CEO tiket.com George Hendrata, Country Industry Head, Business Google Indonesia Hengky Prihatna dan Chief Communication & Co-Founder tiket.com Gaery Undarsa. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Perusahaan Online Travel Agent (OTA) tiket.com mengklaim mengalami pertumbuhan pesat. Setelah diakusisi GDP Venture melalui Blibli.com pada pertengahan 2017 lalu penjualan perhari di tiket.com bertumbuh sekitar dua kali lipat dibandingkan sebelum akusisi.

“Kita sekarang transaksi perharinya sudah lebih dari 20 ribu untuk semua produk. Kalau tahun lalu sekitar 10-15 ribu, sekarang kita sudah lebih dari 20 ribu. Itu setiap hari, jadi pertumbuhannya signifikan banget,” kata Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer tiket.com, Selasa (27/2/2018) di Jakarta.

Dari segi penjualan hotel, Gaery mengungkapkan bahwa hotel memiliki pertumbuhannya paling cepat. Secara revenue naik hampir 2,5 kali lipat. Hal ini dikarena tiket.com banyak membuat kerjasama langsung dengan hotel-hotel terutama hotel domestik.

“Secara keseluruhan penjualan tiket pesawat yang yang paling besar, namun hotel peningkatannya 2,5 kali lipat karena tiket.com menawarkan pembayaran di muka supaya mendapat harga yang lebih murah,” jelas Gaery.

Pertumbuhan transaksi tiket.com, kata Gaery, tak lepas dari berbagai upaya perbaikan oleh manajemen. Pertama, Tiket.com gencar melakukan pemasaran setelah diakuisisi. Kedua, desain ulang aplikasi yang terbukti mendongkrak transaksi melalui aplikasi yang tadinya 60-70% menjadi 70-80%.

Gaery menyebutkan, saat ini aplikasi tiket.com sudah didownload lebih dari enam juta kali. Terjadi peningkatan yang signifikan selama 4 bulan terakhir yang jumlahnya hampir 2 juta download. Transaksi melalui aplikasi juga menyumbang revenue lebih besar ketimbang via website atau desktop.

“Dari segi revenue, mobile apps jauh lebih besar dari website, itu sekitar 70%. Padahal secara traffic baik aplikasi maupun website agak mirip-mirip,” kata Gaery.

Layanan OTA ini terus melakukan inovasi dan perubahan baik dari segi produk dan marketing. Paling dekat, tiket.com akan menambahkan beberapa fitur baru baik di aplikasi, mobile, dan website. Geary juga mengatakan fitur Smart Refund bakal ada di semua platform tiket.com.

“Kemarin Smart Refund hanya ada di aplikasi saja, nanti akan kita keluarkan di semua platform baik mobile dan dekstop,” ujarnya.

Lebih lanjut Gaery menjelaskan untuk fitur-fitur terbaru tiket.com yang hadir nantinya hanya akan fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan travel. Setiap perubahan dan pembaruan yang dilakukan diharapkan semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version