youngster.id - Data Agoda menunjukkan bahwa minat terhadap destinasi sekunder tumbuh 15% lebih cepat dibanding destinasi utama pada periode yang sama tahun 2023. Pergeseran ini terlihat jelas di sejumlah pasar pariwisata paling populer di Asia, seperti Indonesia, India, Jepang, Malaysia, dan Thailand, yang pemerintahnya aktif mempromosikan destinasi alternatif.
Sejalan dengan tren tersebut, destinasi sekunder di Indonesia mencatat momentum kuat, dengan pertumbuhan pencarian sebesar 57% pada paruh pertama 2025 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023, lebih besar 28 poin persen dibandingkan dengan pencarian destinasi utama.
“Semakin populernya destinasi sekunder merupakan peluang besar untuk menciptakan industri pariwisata yang lebih merata sekaligus menggerakkan ekonomi lokal,” kata Omri Morgenshtern CEO Agoda dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (20/9/2025).
Menurut Omri, sebagai platform perjalanan digital, Agoda berperan penting dalam mempromosikan destinasi sekunder di Asia. Dengan memungkinkan akomodasi di daerah pedesaan untuk bertransisi ke platform digital, sehingga lebih mudah ditemukan wisatawan. Agoda juga bekerja sama dengan Destination Management Organization (DMO) untuk mengangkat destinasi yang masih tersembunyi melalui data dan kampanye pemasarannya.
Di Indonesia, misalnya, pemerintah melalui Destinasi Pariwisata Super Prioritas memperkenalkan lima alternatif wisata selain Bali yang sudah mendunia, seperti Danau Toba dan Labuan Bajo, dan berinvestasi besar dalam meningkatkan infrastruktur. Peningkatan konektivitas penerbangan juga diperkirakan mendorong pertumbuhan destinasi sekunder di Indonesia, dengan rute potensial baru seperti Bangkok-Kertajati, Kuala Lumpur-Semarang, dan Singapura-Labuan Bajo.
“Kami bangga ikut mendukung perubahan ini dengan memperkenalkan destinasi-destinasi tersebut ke masyarakat global, karena kami percaya bahwa pemerataan manfaat pariwisata membawa dampak positif bagi komunitas,” katanya lagi.
Dalam rangka merayakan Hari Pariwisata Dunia, Agoda meluncurkan promo World Tourism Day Sale. Mulai 24 September hingga 8 Oktober 2025, wisatawan bisa menikmati diskon hotel hingga 60%, ditambah flash sale spesial pada 27 September dan 6 Oktober 2025 dengan potongan hingga 70%, serta penawaran khusus untuk penerbangan dan aktivitas. Anggota Agoda VIP akan mendapatkan akses awal mulai 21–23 September 2025.
STEVY WIDIA