Mahasiswa ITS Buat Sepeda Air Dari Bahan Bekas

Tim Cakra Baswara dari ITS, pencipta sepeda air.

YOUNGSTER.id - Sebagian besar orang beranggapan, bahan sisa tak terpakai tidak bisa dialih fungsikan.Namun daya kreatif membuat Mahasiswa Diploma III Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil memanfaatkan barang-barang tak terpakai di jurusannya untuk membuat sepeda air.

Sepeda yang diberi nama Cakra Baswara ini karyaImam Wahyudi,Sandro Prasetyo,dan Khoiruddin. Sepeda air ini ditampilkan dalam Waterbike Competition di Kolam Delapan ITS, belum lama ini. Karya ii juga disertakan dalam acara Marine Icon I Mei 2016.

Tim Cakra Baswara menurut Imam,Manajer Cakra Baswara terinspirasi dari tokoh pewayangan nusantara.Imam mengungkapkan pembuatan Cakra Baswara ini tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah. Namun, tak disangka pula ketiga mahasiswa tingkat akhir ini menyelesaikan karyanya dalam waktu tiga minggu saja.Kami mampu menyelesaikan sepeda air ini juga karena bantuan dari rekan- rekan mahasiswa sejurusan,pungkasnya.

Keberhasilan mereka menyulap alat-alat Tugas Akhir (TA) yang telah tak terpakai menjadi Cakra Baswara adalah sebuah prestasi tersendiri untuk mereka. Berbekal ilmu permesinan yang dimiliki, mereka menciptakan sepeda air dengan bodi yang aerodinamis, agar dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

“Kami mengaplikasikan konsep speed boat dalam membangun sepeda air ini,” tutur Imam kepada ITS Online

Beberapa uji rintangan dalam Waterbike Competition yang harus dihadapi Cakra Baswara adalah uji manuver atau ketangkasan, kecepatan, kenyamanan, keindahan serta keekonomisan.”Dalam uji coba, Sepeda Air Cakra Baswara mampu menempuh jarak 100 meter dengan waktu 48 detik,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA