youngster.id - Pembelajaran sejarah di sekolah dinilai masih konvensional dan jarang dikaitkan dengan permasalahan kontemporer. Hal ini dinilai menjadi salah satu penyebab kurangnya minat siswa akan pelajaran sejarah. Hal ini mendorong tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat aplikasi Maze of History.
Ini adalah aplikasi permainan edukasi berbasis labirin untuk meningkatkan minat belajar sejarah.
Maze of History dirancang dengan konsep game dengan latar belakang kerajaan oleh tim mahasiswa UNY yang terdiri dari Fitri Astuti dan Raras Dhina Pangesti dari prodi Pendidikan Sejarah dan Muhammad Faizud Daroin prodi Pendidikan Teknik Informatika.
“Materi mengenai kerajaan ini disajikan dalam bentuk aplikasi gim karena selama ini materi sejarah khususnya bagian kerajaan jumlahnya banyak sehingga membosankan untuk dipelajari peserta didik” kata Fitri yang dilansir laman uny.ac.id.
Fitri mengungkapkan, melalui Maze of History diharapkan minat belajar sejarah yang mengandung nilai-nilai karakter akan semakin meningkat.
Sementara Raras menjelaskan Maze of History merupakan permainan edukasi sejarah menggunakan platformer sebagai media. “Permainan edukasi ini berbentuk platformer yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis video permainan” katanya.
Sementara itu, Faizud menjelaskan Maze of History diciptakan menggunakan aplikasi bernama Unity Game Engine yang didesain dengan menggunakan perangkat komputer. Tampilan latar belakang dalam permainan edukasi ini mengikuti materi sejarah yang akan ditampilkan seperti kerajaan-kerajaan pada masa Hindu- Buddha.
“Karakter yang ada di dalam permainan ini akan menyesuaikan dengan tokoh yang terdapat dalam materi yang sama” kata Faizud.
Permainan edukasi sejarah ini memiliki teknis atau cara dalam bermain. Teknis yang dapat digunakan untuk memainkan permainan ini yaitu melompati rintangan, menjawab pertanyaan berupa kuis atau hints, dan menemukan kunci untuk membuka pintu keluar dari labirin.
Beberapa rintangan tersebut disusun dengan bermacam variasi, seperti menggunakan tali ayunan atau melompat dari sebuah platform di dalam labirin. Karakter dalam permainan ini tidak akan terjatuh saat melewati rintangan tersebut dengan cara mengontrol pengaturan dari pemain saat menjalankan permainan ini.
Kelebihan dari Maze of History memudahkan pemain khususnya siswa SMA meningkatkan minat belajar mata pelajaran sejarah.Selain itu dapat digunakan untuk evaluasi berupa hints bertemakan sejarah dan mengasah otak untuk dapat berpikir kreatif melewati rintangan-rintangan.
Karya ini berhasil meraih dana Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta.
STEVY WIDIA
Discussion about this post