Tim UGM Bangun Aplikasi Permudah Transaksi Keuangan Antar Dompet Digital

Tim bernama "Bismillah" terdiri dari Fahrul, Nuham dan Ilham. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Masyarakat Indonesia termasuk cepat dalam mengadopsi teknologi dibidang keuangan. Hal itu terlihat dari maraknya aplikasi dompet digital yang hadir di sini. Melihat fenomena itu, tim mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, membangun aplikais yang mempermudah transaksi antar dompet digital.

Tim bernama “Bismillah” terdiri dari Fahrul, Nuham dan Ilham berhasil menciptakan aplikasi untuk mempermudah masyarakat ketika melakukan melalui penggunaan teknologi blockchain dalam kategori intebank, payment dan shuttlement. Aplikasi besutan ini ditampilkan dalam ajang kompetisi BCA Finhack 2019.

“Jadi untuk kompetisi BCA Finhack 2019 ini kami membuat sistem untuk mempermudah transaksi melalui dompet digital (e-wallet). Kami membuat antar ewallet ini saling dapat bertransaksi contoh dengan aplikasi kami ini nantinya masyarakat bisa bertransaksi tanpa ribet,” kata Fahrul ketua tim Bismillah kepada youngster.id disela acara BCA Finhacks 2019 baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia, mereka membangun aplikasi ini selama 2 bulan. Dan mereka sangat senang berhasil masuk dalam 15 besar di kompetisi bergengsi dari Bank BCA.

Baca juga :   Tim Jatangsol ITB Juara Entrepreneur Festival 2017

Lebih lanjut, ia menambahkan meski teknologi blockchain masih terbilang baru. Kedepan akan lebih banyak lagi perusahaan dan diirnya merasa optimis teknologi ini bisa dengan cepat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

“Teknologi blockchain ini terbilang baru tetapi akan dipergunakan oleh perbankan. Mungkin lebih butuh riset lebih lanjut lagi, soalnya ini masih baru dan di Indonesia baru sedikit perusahaan yang menggunakan teknologi blockchain ini,” pungkasnya.

Tim Bismillah dari UGM akan mempresentasikan karyanya di acara Demo Day Finhacks 2019.

FAHRUL ANWAR