10 Tren Marketing di Asia Pada 2022

metaverse

Cara Baru Promosi Rokok: Lewat Metaverse, Advergames, dan NFT(Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Asia Marketing Federation (AMF) merilis 10 tren marketing di Asia pada tahun 2022. Tentunya, tren ini mesti dipahami oleh pemasar di Indonesia agar bisa menangkap peluang dan memenangkan persaingan.

Berikut 10 tren marketing di Asia 2022:

Teknologi Metaverse

Metaverse adalah lingkungan digital yang akan dibuat seperti dunia online dalam video game saat ini. Namun, itu akan ada sebagai lingkungan sosial yang imersif, di mana orang dapat bertemu, berinteraksi, dan mengalami kehidupan secara digital – tanpa dibatasi oleh ruang fisik.

Metaverse akan menjadi penerus internet seluler. Saat lanskap media terfragmentasi lebih lanjut, saluran digital berkembang biak. Konsumen dan penyedia semakin agresif tenggelam dalam avatar. Pandemi mempercepat perubahan dalam perjalanan umat manusia. Sekarang kita semua ingin “hidup” di dunia digital untuk bekerja, bermain, tetap terhubung, dan menikmati apa pun mulai dari konser, konferensi, hingga perjalanan virtual ke seluruh dunia.

Metaverse adalah tempat berbagai elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality, dan video digabungkan. Ini nyata secara artifisial, dan apakah Anda siap untuk itu?

Neuro-Linkage

Teknologi chip, meski bukan hal baru, akan semakin populer di masyarakat. Robotik dan sistem nirawak saat ini terus dieksplorasi untuk layanan pengiriman jarak jauh, kendaraan otonom juga makin populer, dan manusia semakin membiasakan diri untuk berinteraksi dengan AI.

Lebih jauh, teknologi human augmented akan membuat manusia bisa berakivitas lebih baik dan ini mungkin akan menjadi disrupsi baru di masa depan. Bayangan saja, Anda mengunggah data dan mencari informasi melalui chip ukuran nano atau mikroskopis yang disematkan ke tubuh manusia, hewan, atau perangkat apa pun.

Sementara, penerima dengan mudah mengunduhnya hanya dalam satu klik di dalam chip. Teknologi superchip ini memampukan terjadinya integrasi syaraf otak manusia dengan perangkat mesin. Antarmuka chip-otak-komputer ini kemungkinan menjadi masa depan manusia, khususnya dalam cara mereka belajar dan beradaptasi.

DAO (Decentralised Autonomous Organisation)

Dalam kerangka kerja blockchain, setiap orang asing yang berpikiran sama dari seluruh dunia berpartisipasi dalam aturan dan membuat keputusan secara mandiri, semuanya dikodekan pada blockchain tanpa campur tangan otoritas pusat. Sistem DAO ini mengusung transparansi, kepercayaan, legitimasi untuk setiap transaksi, dan jauh dari monopoli.

GameFi (Game Finance)

Masa depan game – esports dan budaya konsumen baru, di mana teknologi game mempromosikan keterlibatan sosial dan ekonomi. Keadaan unik dari pandemi COVID-19 telah mengantarkan era baru dalam game. Pengalaman virtual dan digital mengubah cara kita terhubung satu sama lain di dunia game dan akan tumbuh dan berkembang lebih banyak lagi pada tahun 2022.

GameFi adalah istilah luas yang mengacu pada tren gamer yang menghasilkan cryptocurrency melalui bermain video game. Pemain menghasilkan uang melalui mekanisme seperti mendapatkan token keuangan untuk memenangkan pertempuran di game populer seperti Axie Infinity. Menenun dan memadukan berbagai platform, ekosistem GameFi akan menjadi kekuatan besar yang harus diperhitungkan di dunia game dan dalam waktu dekat.

NFT dan Art Investments

Non-fungible tokens (NFTs) adalah jenis aset digital yang ada di blockchain, yang merupakan catatan transaksi yang disimpan di komputer jaringan. Setiap NFT adalah token unik di blockchain. NFT benar-benar bisa berupa apa saja digital (seperti gambar, musik, otak Anda diunduh dan diubah menjadi AI), tetapi banyak kegembiraan saat ini seputar penggunaan teknologi untuk menjual seni digital.

NFT dirancang untuk memberi Anda sesuatu yang tidak dapat disalin: kepemilikan karya (meskipun artis masih dapat mempertahankan hak cipta dan hak reproduksi, seperti halnya karya seni fisik). Tren besar berikutnya pada tahun 2022 dan seterusnya adalah bagaimana NFT akan menjadi mata uang dan masa depan keaslian, kepemilikan, dan aset.

Wisata Luar Angkasa

Wisata luar angkasa mencapai tonggak penting tahun ini ketika gelombang pertama wisatawan dikirim ke luar angkasa, menandai awal penerbangan luar angkasa yang dikomersialkan dan fajar pariwisata luar angkasa. Seiring berkembangnya pariwisata luar angkasa dan biaya yang terus turun, kita dapat menantikan perjalanan luar angkasa, tinggal di pod perjalanan, dan mengorbit di luar angkasa sebagai bagian dari rencana perjalanan kita berikutnya.

Selain menikmati sensasi tanpa bobot dan mengagumi pemandangan yang luas, siapa pun yang telah pergi ke luar angkasa pasti akan kembali dengan pengalaman yang mengubah hidup. Karena usaha swasta terus menunjukkan kelayakan bisnis pariwisata luar angkasa dekat Bumi, pariwisata luar angkasa juga akan menciptakan peluang kerja baru. Di luar profesi inti yang mencakup astronot, insinyur roket, pemandu dan agen perjalanan, peran baru seperti insinyur makanan, arsitek, pengacara luar angkasa, dan dokter dapat membuka peluang karir baru bagi generasi baru.

Web3 – The Next Internet

Internet saat ini adalah oligarki. Web3 digunakan untuk menggambarkan fase potensial berikutnya dari internet: Internet terdesentralisasi yang dijalankan pada teknologi pencatatan blockchain. Sedangkan AES 256 merupakan teknologi enkripsi terkini. Teknologi ini berusia lebih dari 20 tahun. Komputasi kuantum meskipun saat ini masih dalam tahap awal. Ini menjanjikan teknologi keamanan dan enkripsi yang lebih baik. Harapkan lebih banyak pengembangan di bidang kriptografi pasca-kuantum, distribusi kunci kuantum, dan enkripsi homomorfik mulai tahun 2022 dan seterusnya.

Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, institusi internet saat ini telah memangkas latensi dan biaya pertukaran ekonomi – membuka bisnis global instan. Mereka mencapai ini dengan membiarkan perangkat lunak menjaga kepercayaan. “Kontrak pintar” ini seperti mesin penjual otomatis robot. Perdagangan otomatis sesuai dengan logika yang tidak dapat dilanggar. Efisiensi ekonomi yang unggul akan membuka model bisnis yang sebelumnya tidak mungkin dan mungkin menemukan kembali perusahaan sama sekali.

Immersive Buy Journey

Perusahaan menginvestasikan jutaan dalam meningkatkan UI (User Interface) untuk memahami, mendorong dan meningkatkan UX (User experience). Konvergensi sinergis dari komputasi awan, pembelajaran mesin yang mendalam, keamanan siber, kecerdasan buatan, analitik data besar, robotika, IoT, realitas virtual, augmented reality, penginderaan ruang, konektivitas canggih seperti 5G, manufaktur aditif dan mobilitas akan sangat mengubah dan banyak kemampuan yang akan sangat mempengaruhi setiap elemen masyarakat.

Ruang hijau dan studio di pusat perbelanjaan mengubah lanskap ritel dan perilaku konsumen, di mana pembeli dapat menggunakan teknologi layar hijau untuk mencoba barang dagangan, melihat pesan holografik dan informasi produk, dan banyak lagi. Teknologi berbasis pengalaman seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, augmented reality, dan realitas virtual telah mengubah, memahami, memproses, dan memengaruhi keputusan pembeli untuk mendorong penyelesaian perjalanan pembelian. Tren ini akan berlanjut pada tahun 2022 karena perusahaan online menargetkan untuk menangkap bagian yang lebih besar dari pasar online.

Mobilitas Dimensi Ke-3

Membawa Mobilitas ke Dimensi Ketiga dan perjalanan menuju penerbangan otonom. Banyak yang sekarang melihat ke langit — dimensi ketiga — untuk jenis mobilitas baru. Kendaraan terbang otonom, seperti drone kargo dan taksi terbang, memiliki kapasitas untuk mengganggu cara kita memindahkan barang dan penumpang di sekitar ruang kota. Mobilitas di dimensi ketiga diperlukan untuk memecahkan dua masalah transportasi yang paling mendesak di kota-kota saat ini: meningkatnya kemacetan karena semakin banyak orang pindah ke daerah perkotaan dan keberlanjutan.

Untuk memenuhi tuntutan kehidupan modern, dan tujuan membawa lalu lintas ke dimensi ketiga, koneksi transportasi harus lebih mulus. Kita perlu mempermudah orang yang tinggal di daerah pedesaan untuk bepergian ke tempat kerja, untuk mengurangi waktu perjalanan di dalam kota dan memberikan pengalaman penumpang yang luar biasa. Pasokan vital seperti obat-obatan dan makanan membutuhkan rute pengiriman yang lebih mudah. Mobilitas dimensi ke-3 mengubah bentuk dan sifat lalu lintas di dunia yang padat, menghadirkan solusi mobilitas yang inovatif dan dinamis ke kota-kota pintar di masa depan.

Kecerdasan Buatan Generatif

Kemampuan untuk menghasilkan produk yang sama sekali baru dan pengetahuan baru dengan menggunakan data dari pembelajaran mesin yang mendalam dan perjalanan kecerdasan buatan dikenal sebagai Kecerdasan Buatan Generatif (GAI). Kemampuan tersebut telah tumbuh sepuluh kali lipat sejak 2018. Kemampuan intinya di empat bidang utama menunjukkan potensi yang sangat besar.

Gambar dan mode kuasi seperti kehidupan yang tidak hanya meniru ekspresi wajah manusia, tetapi juga menampilkan emosi manusia.

GAI mengumpulkan titik data yang berbeda untuk menghasilkan gambar buatan yang secara akurat menyerupai wajah manusia, program pembelajaran mesin pintar yang dapat melatih tulisan tangan dan urutan teks yang menyerupai pengenalan teks yang dihasilkan oleh tangan manusia.

Teknologi ini diterjemahkan ke masa depan paspor digital – di mana diterapkan dengan wajah cerdas, iris, pengenalan suara yang memungkinkan pelancong untuk bergerak melintasi perbatasan dan negara dengan mulus, aman dan dengan efisiensi. (*AMBS)

Exit mobile version