Kamis, 19 Mei 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

1000 UMKM Ikut Pelatihan Awal Eksportir Baru Dari Shopee Dan Sekolah Ekspor

2 April 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Shopee Target Ekspor Sejuta Lebih Produk UMKM

Shopee mendorong pelaku UMKM Indonesia untuk ekspor ke negara tempat Shopee beroperasi. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Kolaborasi Shopee dan Sekolah Ekspor menargetkan bisa melahirkan 500 ribu eksportir baru dari pelaku UMKM di tahun 2030. Sejak dibukanya program ini, terdapat lebih dari 1000 UMKM terdaftar dan siap menjalani pelatihan dan pendampingan bersama Shopee.

Program ini untuk implementasi ekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, serta Thailand dan Vietnam.

R.S Hanung Harimba Rachman, Deputi Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, apa yang dilakukan oleh Shopee bersama dengan Sekolah Ekspor ini memberikan ruang kepada para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri.

“Dengan hadirnya platform Shopee di negara-negara luar Indonesia, kami harap minat pasar global terhadap produk-produk asli buatan UMKM Indonesia akan semakin mudah untuk ditemukan,” kata R.S Hanung pada acara program Shopee bersama Sekolah Ekspor yang disiarkan secara online Kamis (1/4/2021).

Baca juga :   Pacaran Online : Pastikan Tidak Tertipu

UMKM yang sudah terdaftar, berasal dari berbagai macam kategori produk mulai dari Makanan dan Minuman, Pakaian, Dekorasi Rumah serta berbagai kategori lainnya yang sudah terdaftar. Bersama dengan Sekolah Ekspor, para peserta terdaftar akan mengikuti berbagai kurikulum dengan menjalankan kelas mulai dari tingkat dasar (elementary level) sampai dengan tingkat perkembangan berkesinambungan (post recurrent level).

Setelah lulus dari program dan sudah siap didaftarkan untuk mengikuti kelas lanjutan dan pendampingan pelatihan bersama Shopee dalam menerapkan literasi digital dan bersiap untuk mengekspor produk ke luar negeri.

Pada kesempatan yang sama, Handito Joewono, Kepala Sekolah Ekspor mengatakan kehadiran Shopee yang sejalan dengan visi dan misi Sekolah Eksoor untuk mendorong dan mengembangkan UKM khususnya untuk ekspor, semakin menguatkan sinergi yang telah di jalankan terlebih dengan adanya dukungan teknologi serta luasnya peluang market yang dimiliki Shopee di negara lain untuk produk lokal di Indonesia.

Baca juga :   Pertumbuhan Shoppe 350% di 2017

“Dengan semakin banyaknya akses yang diberikan bagi para UMKM untuk dapat mengekspor produk, dapat membuat para UKM terus optimis dalam menggiatkan bisnis terutama di masa pandemi ini,” kata Handito.

Sementara itu Radityo Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Shopee Indonesia  mengungkapkan, sebagai platform e-commerce yang berkomitmen untuk turut ikut serta dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia.

“Melalui sinergi ini, kami berfokus untuk dapat senantiasa mendorong UMKM untuk menjangkau cakupan global, serta meningkatkan eksistensi karya lokal berstandar global di mancanegara. Kami berharap, akan semakin banyak UMKM yang mendaftarkan diri untuk bisa bergabung dan menambah variasi dari kategori produk yang akan diekspor,” pungkas Radityo.

Baca juga :   Kemendag Gandeng Facebook Untuk Akselerasi Kemampuan Digital UMKM

Sebagai informasi, program yang disinergikan oleh Shopee bersama dengan Sekolah Ekspor terbuka untuk publik. Bagi para pelaku UMKM yang ingin mendaftar, dapat mengakses bit.ly/RegSekolahEksporShopee.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: pasar globalSekolah EksporShopeeUMKM
Previous Post

Arista Miftahul : Raup Omzet Puluhan Juta dari Jualan Mie Ayam

Next Post

MSIG Indonesia Dukung Kehadiran Mobil Listrik di Indonesia

Related Posts

Jam tangan Totem
News

Timex dan ORBITGear Berkolaborasi Ciptakan Jam Tangan “TOTEM” Edisi Terbatas

19 Mei 2022
0
indodana paylater
Headline

Optimalkan BNPL Lebih Luas Ke Masyarakat, Indodana Gandeng BimoPay

19 Mei 2022
0
Irzan Raditya
News

Implementasi Teknologi AICX Bisnis Kata.ai Tumbuh 80%

19 Mei 2022
0
Load More
Next Post
mobil listrik

MSIG Indonesia Dukung Kehadiran Mobil Listrik di Indonesia

Melihat Lanskap Audiens Gaming di Twitter di Indonesia

Kebangkitan Industri Game Mobile?

kota semarang

Kota-Kota Tier Dua dan Tiga Akan Menjadi Kontributor Utama Bagi Perekonomian Digital Indonesia

Discussion about this post

Berita Terbaru

Jam tangan Totem

Timex dan ORBITGear Berkolaborasi Ciptakan Jam Tangan “TOTEM” Edisi Terbatas

19 Mei 2022
0
indodana paylater

Optimalkan BNPL Lebih Luas Ke Masyarakat, Indodana Gandeng BimoPay

19 Mei 2022
0
Irzan Raditya

Implementasi Teknologi AICX Bisnis Kata.ai Tumbuh 80%

19 Mei 2022
0
McD

McDonalds Indonesia Tingkatkan Teknologi dan Perawatan Untuk Ayam Konsumsi

19 Mei 2022
0
Timnas Free Fire Indonesia

Garena Beri Apresiasi Hingga Rp 1 Miliar Bagi Timnas Free Fire Indonesia Peraih Medali Di SEA Games 2021

19 Mei 2022
0
Huawei Freebuds SE

Perangkat TWS Ini Dukung Aktivitas Multitasking di Kelas Entry Level

19 Mei 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version