Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

3 Kota Ini Alami Peningkatan Jumlah UMKM Paling Tinggi di Tokopedia

15 Januari 2022
in News
Reading Time: 1 min read
Creators Lab

Creators Lab, Cetak Kreator Muda Profesional dan Bantu UMKM Perluas Pasar (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, melalui platform Tokopedia semakin meningkat. Tokopedia mencatat ada 3 kota yakni Denpasar, Makassar dan Palembang yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual/UMKM di Tokopedia selama 2021.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan, pertumbuhan ini didukung sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia sepanjang selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.

Baca juga :   Sinergi Tokopedia dan TikTok Dongkrak Penjualan UKM Lokal

“Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” kata Trian dalam keterangan pers, Jumat (15/1/2022).

Dia mengungkapkan, transaksi Rata-rata UMKM Denpasar melonjak 1,5 Kali lipat. Di kota ini produk kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan dan perawatan diri merupakan beberapa kategori paling laris selama 2021. “Hal ini juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata- rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5x lipat dibandingkan 2020,” ujar Trian.

Hal serupa juga terjadi di Makassar. Tokopedia mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM Makassar menjadi lebih dari 2x lipat. Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021 dibandingkan 2020.

Baca juga :   Tiga Perusahaan Modal Ventura Dibekukan OJK

Sementara di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 adalah Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen. Bahkan ada lonjakan lebih dari 3x lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

 

STEVY WIDIA

Tags: Digitalisasi Pasar TradisionalTokopediaUMKM Lokal
Previous Post

Startup Tumbasin Jadi Jawara di ASEAN Startup Challenge 2021

Next Post

Kolaborasi ITDRI dan Microsoft Indonesia dalam Meningkatkan Keahlian Digital SDM Telkom

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
Enterprise Skilling Initiative (ESI)

Kolaborasi ITDRI dan Microsoft Indonesia dalam Meningkatkan Keahlian Digital SDM Telkom

UPH Learning Hub Manado

Siap Tingkatkan Kualitas SDM, UPH Learning Hub Dibuka di Manado

Picture Myself_NYC Times Square Billboard

Single Terbaru Stephanie Poetri ‘Picture Myself’ Terpampang pada Billboard NYC Times Square

Discussion about this post

Recent Updates

Tsunami teknologi

Tsunami Teknologi 2026: Ketika AI, Kuantum, dan Web 4.0 Bertabrakan

14 November 2025
Kemenperin x MediaWave

Tingkatkan Daya Saing IKM, Kemenperin Gandeng MediaWave Sediakan Akses Platform AI

14 November 2025
42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

14 November 2025
Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

14 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Tsunami teknologi

Tsunami Teknologi 2026: Ketika AI, Kuantum, dan Web 4.0 Bertabrakan

14 November 2025
Kemenperin x MediaWave

Tingkatkan Daya Saing IKM, Kemenperin Gandeng MediaWave Sediakan Akses Platform AI

14 November 2025
42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

14 November 2025
Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

14 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version