Minggu, 3 Juli 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

3 Kota Ini Alami Peningkatan Jumlah UMKM Paling Tinggi di Tokopedia

15 Januari 2022
in News
Reading Time: 1 min read
Live Shopping

Live shopping di Tokopedia Play. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, melalui platform Tokopedia semakin meningkat. Tokopedia mencatat ada 3 kota yakni Denpasar, Makassar dan Palembang yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual/UMKM di Tokopedia selama 2021.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan, pertumbuhan ini didukung sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia sepanjang selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.

Baca juga :   Dicari Gamer Indonesia Untuk Turnamen Gaming Asia-LoC III

“Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” kata Trian dalam keterangan pers, Jumat (15/1/2022).

Dia mengungkapkan, transaksi Rata-rata UMKM Denpasar melonjak 1,5 Kali lipat. Di kota ini produk kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan dan perawatan diri merupakan beberapa kategori paling laris selama 2021. “Hal ini juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata- rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5x lipat dibandingkan 2020,” ujar Trian.

Hal serupa juga terjadi di Makassar. Tokopedia mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM Makassar menjadi lebih dari 2x lipat. Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021 dibandingkan 2020.

Sementara di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 adalah Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen. Bahkan ada lonjakan lebih dari 3x lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

Baca juga :   Curhatan Netizen, Program Facebook Untuk Hindari Jebakan Phising

 

STEVY WIDIA

Tags: Digitalisasi Pasar TradisionalTokopediaUMKM Lokal
Previous Post

Startup Tumbasin Jadi Jawara di ASEAN Startup Challenge 2021

Next Post

Kolaborasi ITDRI dan Microsoft Indonesia dalam Meningkatkan Keahlian Digital SDM Telkom

Related Posts

Collabonation Tour
News

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
Sampoerna University
News

Upaya Sampoerna University Tumbuhkan Kreativitas Berwirausaha

2 Juli 2022
0
Film Kau dan Dia
News

Film Drama “Kau dan Dia” Sukses Raih 8 Juta Penonton di Platform Streaming

2 Juli 2022
0
Load More
Next Post
Enterprise Skilling Initiative (ESI)

Kolaborasi ITDRI dan Microsoft Indonesia dalam Meningkatkan Keahlian Digital SDM Telkom

UPH Learning Hub Manado

Siap Tingkatkan Kualitas SDM, UPH Learning Hub Dibuka di Manado

Picture Myself_NYC Times Square Billboard

Single Terbaru Stephanie Poetri ‘Picture Myself’ Terpampang pada Billboard NYC Times Square

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Connect with
Login
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
Notify of
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terbaru

Collabonation Tour

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
crowde

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
Sampoerna University

Upaya Sampoerna University Tumbuhkan Kreativitas Berwirausaha

2 Juli 2022
0
Film Kau dan Dia

Film Drama “Kau dan Dia” Sukses Raih 8 Juta Penonton di Platform Streaming

2 Juli 2022
0
Web3

TezAsia, Hackathon Web3 Berhadiah Hingga Rp3 Miliar

2 Juli 2022
0
SehatQ

Tepis Rumor SehatQ Luncurkan Layanan VIP

2 Juli 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

wpDiscuz
0
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
| Reply

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version