4 Inovasi DANA Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

Fitur DANA Goals memungkinkan pengguna mengelola keuangannya secara virtual. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Pengguna dompet digital di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Bahkan beberapa riset mendapati pengguna e-wallet di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini mendorong penyedia layanan dompet digital untuk terus berinovasi, seperti yang dilakukan DANA dengan empat inovasi produk terbarunya.

“Pembaruan yang kami sebut Inov4si Untuk Negeri ini kami harapkan membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital di Indonesia,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia pada acara virtual, Jumat (25/3/2022).

Pengenalan inovasi-inovasi tersebut bertepatan dengan empat tahun kehadiran dan kontribusi DANA di Indonesia. Rangga memaparkan, selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat baik dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

“Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif,” papar Rangga.

Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.

Pertama adalah  DANA Pay, yang memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

Kemudian ada Rapor DANA. Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Lewat serangkaian pertanyaan pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereaka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

Fitur lain adalah integrase dompet digital DANA dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK. Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

Sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif, kini DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA untuk menarik uang diterimanya melalui Alfamart.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version