8 Cara Melindungi Diri dari Penipuan Online Saat Terapkan Kerja dari Rumah

Karena pandemi, jumlah karyawan yang bekerja sepenuhnya di kantor menurun.(Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Ada banyak orang yang tiba-tiba malah menjadikan momen keprihatinan ini sebagai kesempatan untuk mencari keuntungan finansial tanpa mengindahkan etika. Terdapat banyak bukti yang menunjukkan terjadinya peningkatan tajam dalam serangan siber di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bagi jutaan orang yang bekerja dari rumah, ada baiknya mengadopsi langkah-langkah keamanan yang biasa diterapkan di kantor, sehingga kemungkinan untuk terpapar scam menjadi lebih besar daripada ketika mereka kerja di kantor yang telah dilengkapi sistem keamanan yang lebih ketat.

Berikut adalah delapan tips dari Palo Alto Networks yang bisa melindungi Anda dari metode-metode serangan siber yang biasa dilancarkan, ketika sedang bekerja dari rumah:

1. PENCARIAN ONLINE

Tips buat Anda, selalu aktifkan pemfilteran situs web pada perangkat lunak anti-virus Anda, atau usahakan hanya mengakses situs-situs media tepercaya dan kredibel saja ketika Anda ingin mendapatkan informasi.

2. GAMING

Hati-hati untuk mengakses dan bermain game dengan menggunakan perangkat yang biasa Anda gunakan untuk bekerja dan mengakses server perusahaan. Perlu Anda ketahui, pelaku kejahatan siber sering menerobos ke situs pihak ketiga dengan menempatkan aplikasi yang terinfeksi malware. Sebaiknya, Anda tidak sembarangan mengunduh aplikasi gaming.

3. KONFERENSI VIDEO

Selalu sertakan password agar tidak sembarangan orang asing muncul dan bergabung. Selalu tinjau kembali pengaturan privasi. Nyalakan notifikasi sehingga Anda tahu kapan seseorang bergabung, menonaktifkan fungsi ‘join before host’. Gunakan sistem keamanan standar kantor Anda, terlepas dari platform konferensi video mana yang Anda pilih untuk digunakan.

4. INTERNET OF THINGS

Banyak item Internet of Things yang dalam produksinya masih belum sepenuhnya memperhatikan faktor keamanan. Untuk itu, sangat penting bahwa bagi Anda untuk mengubah kata sandi yang disertakan saat pembelian.

5. VIRTUAL PRIVATE NETWORKS (VPN)

Solusi yang mudah Anda terapkan adalah dengan memastikan apakah Anda sudah menginstal firmware terbaru dan apakah kata sandi sudah diubah. Anda juga perlu cek kapan terakhir kali memeriksa apakah router Anda memerlukan pembaruan.

6. PHISHING

Pastikan email kerja Anda diakses melalui firewall perusahaan dan pastikan keamanannya sudah terlindungi untuk mengantisipasi berbagai penawaran-penawaran ‘gratis’ yang disampaikan ke Anda melalui melalui email, aplikasi chat, media sosial, dll. Selalu waspada terhadap setiap email yang Anda terima, dan pastikan untuk tidak sembarangan mengklik karena pelaku kejahatan siber bisa langsung melakukan serangan pada saat kita sedang bekerja dari rumah.

7. PENIPUAN ONLINE

Untuk menghindarinya, belilah hanya dari pengecer atau platform online tepercaya.

8. CLOUD

Karena cloud memainkan peranan penting dalam menghadirkan software sebagai layanan, sebaiknya tanyakan kepada staf TI perusahaan Anda untuk memastikan bahwa infrastruktur firewall perusahaan telah menerapkan threat intelligent yang mampu melihat lalu-lintas masuk dan keluar dalam jaringan. Ini untuk memastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan untuk bekerja dari rumah sudah mendapatkan perlindungan dari kemungkinan terjadinya serangan pada saat Anda setiap kali mengakses jaringan perusahaan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version