Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

80% Anak di Indonesia Pilih Internet Dari Televisi

25 Februari 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
ITB  Siap Gelar Indonesia Cyberkids Camp 2016

Anak dan keterampilan abad 21. (Foto : ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Penetrasi internet yang pesat melalui telepon genggam mempengaruhi kegiatan mereka. Studi tahunan perusahaan media digital anak TotallyAwesome mendapati 8 dari 10 anak di Indonesia lebih memilih akses internet daripada televisi.

Tren ini terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir; hal ini menunjukkan bahwa anak lebih memilih ponsel pintar (86%), televisi (55%), dan tablet (40%). Literasi ke-empat dari “Indonesia Kids’ Digital Insights” menganalisa perilaku digital anak-anak, penggunaan media online (daring), perangkat, konten, dan juga pilihan merek (brand preferences).

“Kami melihat anak-anak di Indonesia sangat vokal dan fanatik dengan konten yang mereka lihat secara online. Dengan tingginya penetrasi ponsel pintar, masuk akal bahwa itu menjadikan mereka lebih mudah dipengaruhi oleh influencer anak online. Brand marketing untuk anak harus menjatuhkan umpan dimana ikan-ikan berada, daripada tetap berpegang pada strategi-strategi yang ketinggalan zaman,” kata Quan Nguyen TotallyAwesome Chief Executive Officer, dalam keterangannya, Senin (25/2/2019) di Jakarta.

Baca juga :   UMKM Perluas Pemasaran Lewat Internet

TotallyAwesome menemukan salah satu bukti tren tersebut yaitu fakta bahwa lebih dari 70% anak memiliki ponsel pintar, dan hanya 40% memiliki sebuah televisi. Dengan tingginya penetrasi ponsel, tidaklah mengejutkan bahwa digital adalah sumber utama informasi: lebih dari 90% anak yang disurvei mengatakan bahwa mereka mendapatkan informasi tentang peluncuran mainan terbaru melalui internet, dan hanya 65% yang mendapatkan informasi yang sama melalui televisi.

Studi tersebut juga mengidentifikasi peningkatan dampak dari iklan daring: 9 dari 10 orang tua mengakui bahwa mereka membeli produk-produk untuk anak mereka setelah anak-anak melihat iklannya.

Sebagai puncak dari investasi pada digital dan mobile, kemampuan belanja pada anak-anak pun meningkat: 9 dari 10 anak mendapat uang saku dan sepertiga diantaranya mendapat uang saku setiap hari. Studi juga menemukan bahwa anak-anak Indonesia lebih dapat menentukan tentang apa yang ingin mereka beli seiring dengan meningkatnya kemampuan belanja mereka, dan banyak diantara mereka memengaruhi keputusan orang tua. 77% dari anak-anak tersebut masih meminta orang tua mereka untuk membelikan produk yang mereka inginkan, sedangkan 35% akan membeli apa yang mereka lihat secara online dengan uang saku mereka. Orang tua juga mengungkapkan bahwa anak-anak mereka ikut menentukan dan memengaruhi tipe makanan ringan yang mereka beli (81%), mainan dan minuman (76%), atau dimana mereka akan makan saat makan di luar rumah.

“Studi menunjukkan kekuasaan yang dimiliki anak-anak atas apa yang mereka mau. Mereka mendapatkan apa yang diinginkan dengan menggunakan uang saku mereka sendiri, atau melalui orang tua mereka dengan menggunakan pester power. Para pemasar harus mengenali dan mengakui influencer besar dari Generasi Alfa dan GenX,” tambah Nguyen.

Baca juga :   Pemakaian Internet Diprediksi Naik Hingga 17% saat Natal dan Tahun Baru 2023

Menurut pengambilan suara, makanan ringan (60%), minuman (54%), makan di luar (54%), mainan (31%), dan buku/komik (24%) adalah barang-barang terpopuler yang dibeli anak-anak.

STEVY WIDIA

Tags: internetstudi media digital anaktelevisiTotallyAwesome
Previous Post

Canon Powershot SX70 HS, Kamera Ringkas Nan Canggih

Next Post

Dany Anwar: Kisahkan Budaya Lokal Lewat Kreasi Sepatu Etnik

Related Posts

Daya Saing Digital
News

Daya Saing Digital Indonesia Duduki Peringkat 43 Dunia

15 November 2024
0
Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan
News

Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan

2 November 2023
0
main game
Headline

Hampir Setengah Remaja Generasi Alpha dan Z di Indonesia Main Game untuk Atasi Rasa Cemas dan Stres

16 Agustus 2023
0
Load More
Next Post
Dany Anwar: Kisahkan Budaya Lokal Lewat Kreasi Sepatu Etnik

Dany Anwar: Kisahkan Budaya Lokal Lewat Kreasi Sepatu Etnik

Aplikasi BBM Rilis Fitur WebComics

BlackBerry Perkuat Teknologi AI Dengan Akuisisi Cylance

OttoCash Mendapat Lisensi e-Money Bank Indonesia

OttoCash Mendapat Lisensi e-Money Bank Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version