Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Aduan Konsumen Jasa Keuangan dan E-Commerce Diprediksi Naik di 2018

6 Januari 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
Harbolnas 2016 Siap Digelar

Konsumen belanja online. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memprediksi akan ada peningkatan tren pengaduan dari pengguna jasa keuangan non-bank dan e-commerce pada tahun 2018.

Koordinator Komisi Pengaduan dan Penanganan Kasus BPKN Rizal E. Halim menyatakan prediksi itu muncul karena banyak regulasi terlambat disesuaikan mengikuti tren baru di dua sektor bisnis itu.

“Ada banyak persoalan di sana. Aturan selalu telat, setelah ada (kasus) yang terjadi, baru keluar aturannya. Makanya kami sarankan pemerintah (segera) siapkan aturan-aturan itu,” kata Rizal dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut Rizal, selama 2017, dari 177 kasus pengaduan konsumen ke BPKN, sekitar 20%-30% berkaitan dengan layanan penyedia jasa keuangan non-bank. Layanan penyedia jasa keuangan itu meliputi asuransi, leasing, pinjaman dana segar seperti pegadaian serta investasi.

Baca juga :   Gelar Kegiatan Pengembangan Kapasitas, Horizon Foundation Undang 500 Anak Penerima Beasiswa

“Sebenarnya temen-temen banyak mendengar dan melihat, enggak usah jauh di daerah, di Jakarta banyak skema MLM (multi level marketing) dan sebagainya. (Misalnya) jasa umroh model MLM itu melakukan investasi ilegal,” ujar dia.

Karena itu, Rizal mengatakan BPKN telah meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera melakukan penataan pelaku industri di sektor jasa keuangan, terutama yang non perbankan.

“Fokusnya di non perbankan karena kalau perbankan itu sudah settle (beres), setiap hari mereka melakukan pelaporan ke OJK. Yang non-bank belum mapan. Seharusnya diatur mirip dengan yang bank,” kata dia.

BPKN mendorong pihak regulator, seperti OJK, segera mengambil langkah penataan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak konsumen.

Baca juga :   Pemerintah Targetkan Bangun 100 Technopark

“Kami ingin hulunya lebih oke, sehingga deviasi atau crash (penyimpangan) di pasar sedikit. Pekerjaan aparatnya akan lebih ringan. Tetapi kalau di hulunya rapuh, ada banyak deviasi di pasar yang harus dibersihkan. Itu memakan waktu, biaya, dan tenaga,” kata Rizal.

Rizal mengimbuhkan hal serupa terjadi pada sektor bisnis e-commerce. Meski aduan konsumen e-Commerce di BPKN masih sedikit, ia menilai ada kecenderungan jumlahnya membesar. Apalagi, pengaruh digitalisasi telah cepat meluas di dunia bisnis dan memicu persaingan dagang lintas perbatasan negara.

Sementara itu Ketua BPKN Ardiansyah Parman menambahkan basis transaksi perdagangan di masa depan akan terus berevolusi. Karena itu, regulasi harus segera menyesuaikan dengan tren bisnis yang cepat.

Baca juga :   Zenius Siap Lakukan Digitalisasi Guru Agar Pembelajaran Online Lebih Efektif

Ardiansyah menilai E-Commerce merupakan tren bisnis baru yang belum banyak diatur oleh regulasi pemerintah. “Target BPKN, ke depan E-Commerce adalah sektor yang penting untuk mendapatkan perhatian. Tentu BPKN perlu bekerjasama dengan pemerintah,” kata dia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)e-commercejasa keuangan non-bankOtoritas Jasa Keuangan (OJK)
Previous Post

Ekonomi Kreatif Akan Bersinar di 2018

Next Post

Kominfo Targetkan Bangun 75 Smart City di 2018

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Infinity Hackathon
Headline

OJK dan BlockDevId Gelar Infinity Hackathon, Begini Cara Memenangkannya

25 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
Load More
Next Post
Telkomsel Dukung Pengembangan Smart City Bekasi

Kominfo Targetkan Bangun 75 Smart City di 2018

Diakuisisi HKEsports, Gamebrott.com Siap Menembus Asia Tenggara

Diakuisisi HKEsports, Gamebrott.com Siap Menembus Asia Tenggara

Gamal Albinsaid : Menjaga Kesehatan Masyarakat Lewat Asuransi Sampah

Indonesia Medika Sasar 10 Ribu Wirausahawan Sosial Baru

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version