Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

AKKI dan Visa Gencarkan Kesadaran Milenial Akan Keamanan Kartu

24 Juni 2020
in News
Reading Time: 2 mins read
AKKI dan Visa Gencarkan Kesadaran Milenial Akan Keamanan Kartu

Kampanye WAJIPIN bersama Visa dan AKI. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sebanyak, 81% pemegang kartu kredit di Indonesia sudah mengetahui adanya tenggat waktu pemberlakuan penggunaan PIN kartu kredit pada 1 Juli 2020. Menindaklanjuti hal itu, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) dan Visa, mengingatkan pentingnya menjaga keamanan kartu kredit menggunakan Personal Identification Number (PIN).

Sesuai dengan mandat Bank Indonesia , mulai 1 Juli mendatang, pemegang kartu kredit di Indonesia harus menggunakan PIN enam digit saat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, karena autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima. Semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN akan langsung ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant. Kartu kredit berteknologi contactless masih dapat digunakan untuk berbelanja tanpa perlu autentikasi PIN apabila nominal transaksi di bawah satu juta rupiah.

Baca juga :   Una Brands Terima Pendanaan Seri B Senilai Rp459 Miliar

Steve Marta, Direktur Eksekutif AKKI Steve Marta mengatakan hasil survei memperlihatkan, inisiatif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk kampanye WAJIPIN bersama Visa, telah berhasil memenuhi tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pemegang kartu kredit di Indonesia terkait dengan tenggat waktu 1 Juli 2020.

“Oleh sebab itu, AKKI sepenuhnya mengapresiasi inisiatif-inisiatif dari semua bank dan dukungan Visa dalam menyebarkan informasi penting ini melalui berbagai medium, membantu industri bermigrasi ke autentikasi PIN sepenuhnya, dan pada gilirannya meningkatkan perlindungan konsumen saat bertransaksi menggunakan pembayaran digital,” jelas Steve dalam jumpa pers online Selasa (23/6/2020).

Hasil survei lainnya menunjukkan, dalam tiga bulan terakhir, penggunaan pembayaran nontunai di antara para pemegang kartu kredit lebih tinggi dari penggunaan uang tunai. Menurut survei, selama tiga bulan terakhir, pemegang kartu kredit di Indonesia lebih sering menggunakan pembayaran digital (75%), diikuti oleh kartu debit atau kredit (62%), transfer bank (51%), dan uang tunai (49%).

Baca juga :   Program Literasi Keuangan Visa Fokus Berdayakan Pengusaha Perempuan di Bali

Dikesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan situasi saat ini telah mempercepat agenda nontunai, sebagaimana terlihat dari derasnya minat bertransaksi dengan pembayaran online dan mobile. Studi Visa Consumer Payment Attitude terbaru memperlihatkan dua dari tiga masyarakat Indonesia telah mencoba bepergian tanpa uang tunai sama sekali selama beberapa hari, terutama konsumen Gen Y (71%) dan affluent (77%).

“Sejalan dengan tren nontunai tersebut, sangat penting bagi pemegang kartu kredit termasuk para milenial pengguna kami untuk segera mengaktifkan PIN kartu kredit sebelum tanggal 1 Juli untuk memastikan pembayaran lancar saat melakukan transaksi tatap muka. Ini tidak berlaku bagi transaksi contactless dengan nilai transaksi di bawah satu juta rupiah,” pungkas Riko Abdurrahman.

Baca juga :   Fintech AWDA Gandeng Batumbu Salurkan Pinjaman Produksi Rp100 miliar Bagi UMKM

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI)visa
Previous Post

Geofast, Jadi Finalis Kompetisi The Top 52 XTC 2020

Next Post

Gojek PHK 430 Karyawan Dan Menutup 2 Layanan

Related Posts

Teknologi Contactless Dari Visa Hadir Di McDonald
Analyze

Visa: Tren Pariwisata dan Ritel Dorong Pertumbuhan Transaksi Selama Ramadan

20 Maret 2025
0
pembayaran digital
Headline

Empat Tren Utama Pembayaran Digital di 2025

5 Maret 2025
0
X Bakal Menghadirkan Layanan Pembayaran Digital
News

X Bakal Menghadirkan Layanan Pembayaran Digital

31 Januari 2025
0
Load More
Next Post
Usia Ke-9: Gojek Fokus Pada Keberlanjutan Bisnis dan Pelanggan

Gojek PHK 430 Karyawan Dan Menutup 2 Layanan

Indonesia Website Awards Pilih Pengembang Website Indonesia Terbaik

Indonesia Website Awards Pilih Pengembang Website Indonesia Terbaik

LINE Indonesia  Fitur News Story, Share Comment, dan Mode Gelap

LINE Indonesia Fitur News Story, Share Comment, dan Mode Gelap

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version