Alibaba Catat Sejumlah Rekor di Pre-Order Festival Jomblo

Alibaba raih total GMV RMB10 Miliar dalam 63 Menit dan 59 Detik. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perayaan Hari Jomlo (Single’s Day) dirayakan e-commerce Alibaba dengan menggelar pesta diskon sedunia. Hasilnya, nilai transaksi pesanan Alibaba meningkat 113%, dengan meraih GMV US$12 miliar pada satu jam pertama pemesanan awal di Tmall Global.

Alibaba Group telah resmi memulai Festival Belanja Alibaba 11.11 pada dini hari 00.00 waktu China Standard Time (GMT +8). Acara ini merupakan festival belanja nonstop 24 jam yang terbesar di dunia. Dalam satu jam pertama, GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai US$12 miliar. Dan dalam dua jam pertama, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay adalah US$18,32 miliar.

“Pencapaian GMV tersebut telah melampaui catatan GMV 11.11. tahun 2015 dan 2016,” demikian keterangan dari juru bicara Alibaba, Senin (11/11/2019).

Pada momen puncak, total pesanan pada festival belanja 11.11 mencapai 544.000 pesanan/detik – yaitu 1.360 kali lipat lebih banyak dari jumlah pesanan pada festival belanja 11.11 yang pertama kali diadakan tahun 2009.

Negara dengan penjualan tertinggi adalah Jepang, disusul Amerika Serikat, Korea, Australia, Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Kanada dan Selandia Baru. Sedangkan produk impor yang dibeli konsumen Tionkok berdasarkan GMV pertama adalah suplemen makanan untuk kesehatan.

Baca juga :   Asuransi Yang Beri Solusi Jika Smartphone Anda Hilang atau Rusak

Beberapa jam sebelum festival belanja 11.11 dimulai, platform streaming video Alibaba, Youku, menyajikan acara gala dan countdown 11.11 untuk merayakan peluncuran resmi festival belanja tahunan ini. Pada tahun 2019, acara Gala dimeriahkan penampilan dari berbagai selebriti internasional, seperti Taylor Swift, Kana Hanazawa, Aida Garifullina, dan tim dance terkenal, The Royal Family and Kinjaz.

Brand asal Indonesia: TANGO, menjadi salah satu brand internasional yang dipromosikan dalam acara Gala ini.

“Penjualan kategori kecantikan dan perawatan tubuh di jam pertama pemesanan awal naik 257% (yoy),” ujar juru bicara Alibaba.

Jumlah itu didapatkan dari transaksi yang dilakukan lewat sistem pembayaran digital Alipay dan yang terafiliasi dengannya, seperti DANA dan GCash. Untuk sementara, Kota Guangdong, Zhejiang, Jiangsu ada di posisi tiga teratas penyumbang GMV terbesar, mengalahkan Shanghai yang ada di posisi keempat. Kemudian, Kota Shandong juga menyusul, mengalahkan Beijing yang ada di tempat keenam.

Dari kategori pakaian, merek Uniqlo, Bosideng, Vero Moda, ONLY, dan Elfini jadi primadona yang paling banyak menarik minat konsumen. Sementara, kategori peralatan rumah tangga dirajai oleh Midea, Haier, Gree, Xiaomi, dan Hisense. Hingga berita ini dipublikasikan, proses penghitungan nilai transaksi festival 11.11 masih berjalan.

Baca juga :   East Ventures, Jadi Penasehat eFounder Fellowship

STEVY WIDIA