youngster.id - PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), mengembangkan layanan berbasis digital Tunaiku. Aplikasi ini telah diunduh oleh sekitar 4.9 juta pengguna dan telah memberikan manfaat kepada hampir 400 ribu masyarakat di Indonesia, dengan total pembiayaan tersalurkan mencapai Rp 4,7 triliun.
Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengatakan Tunaiku dirancang untuk melayani dan menjangkau masyarakat yang belum atau kurang terlayani layanan perbankan terutama di daerah-daerah yang sulit mendapatkan layanan keuangan formal dan konvensional, asalkan memiliki jaringan internet yang memadai.
Dengan keistimewaan tersebut, layanan keuangan digital Tunaiku telah menerobos hingga ke seluruh Tanah Air, terutama di daerah-daerah di luar Pulau Jawa, antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, dan Makassar.
“Kami memahami bahwa masih ada gap antara masyarakat yang sudah mendapat layanan keuangan formal dan yang belum menikmati layanan tersebut, terutama daerah- daerah di luar pulau Jawa. Melalui Tunaiku, kami ingin memastikan bahwa masyarakat mendapatkan layanan keuangan formal yang terpercaya, terjamin, dan tentu saja berkontribusi terhadap peningkatan taraf kehidupan mereka,” kata Vishal dalam keterangan pers nya Jumat (18/12/2020).
Sejauh ini, layanan keuangan digital Tunaiku telah membantu ragam kebutuhan masyarakat di luar Pulau Jawa, antara lain untuk modal usaha sebesar 22,49%, renovasi rumah sebanyak 31,39%, dan biaya pendidikan sebesar 11,59%. Persentase profil nasabah perempuan mencapai hingga 54,71% dan laki-laki hingga 45,39%.
Vishal Tulsian mengatakan, melalui teknologi dan transformasi digital perbankan, pihaknya terus berupaya untuk mengembangkan layanan dan produk digital sehingga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Pemanfaatan produk digital menjadi penting untuk menghadirkan layanan keuangan yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat hingga ke pelosok.
Komitmen ini diharapkan dapat mendukung visi pemerintah untuk meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia mencapai 90% pada tahun 2024 mendatang.
“Kedepannya, kami akan memanfaatkan produk inovasi terbaru Senyumku, aplikasi perbankan berbasis AI (Artificial Intelligence) dari Amar Bank, yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat.Teknologi yang mengadopsi big data dan AI ini bakal menyederhanakan proses layanan keuangan bagi masyarakat,” pungkasnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post