Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

COVID-19 Mempercepat Perkembangan Layanan Kesehatan Digital di Indonesia

8 Oktober 2021
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
aplikasi kesehatan dan telekonsultasi

Survei kesehatan Medix Global menunjukkan COVID-19 mendorong masyarakat Indonesia menggunakan layanan kesehatan digital, termasuk aplikasi kesehatan dan telekonsultasi (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Rupanya, pandemi Covid-19 di sisi lain membawa efek positif pada perkembangan layanan kesehatan digital. Survei kesehatan Medix Global menunjukkan COVID-19 mendorong masyarakat Indonesia menggunakan layanan kesehatan digital, termasuk aplikasi kesehatan dan telekonsultasi.

Survei Medix Medical Monitor Research dilakukan oleh Kantar, perusahaan riset pasar multinasional, antara 7 – 25 Juni 2021 dan menyurvei berbagai komunitas di Thailand, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, India, dan Australia. Penelitian mencakup kesadaran dan perilaku konsumen terhadap masalah kesehatan, kanker, dan ketertarikan pada layanan kesehatan digital. Medix menggunakan hasil penelitian ini untuk memahami tren kesehatan di negara-negara tersebut dan untuk mengukur minat pada layanan yang ditawarkan.

Di Indonesia, survei ini melibatkan 500 responden dari berbagai latar belakang termasuk pendapatan, usia, dan jenis kelamin, tersebar di tujuh daerah – Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Palembang, dan Denpasar.

Baca juga :   Dropship, Bisnis Paling Mudah Tanpa Modal Besar

Berdasarkan hasil survei, sembilan dari sepuluh masyarakat Indonesia, atau 92% populasi Indonesia dari berbagai golongan, mengatakan pandemi meyakinkan mereka tentang manfaat layanan kesehatan digital, dan mereka akan menggunakan aplikasi digital ketika ingin berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan medis. Angka tersebut lebih besar dari 64% masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi kesehatan digital sebelum pandemi. Karena ketakutan terhadap COVID-19 dan pembatasan sosial, 90% masyarakat mengatakan  akan mencari saran medis melalui telekonsultasi.

“Karena pandemi, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran lebih tinggi tentang layanan kesehatan. Pandemi telah menggarisbawahi kebutuhan individu untuk bertanggungjawab atas kesehatan mereka dan keluarga mereka, dan untuk memastikan mereka mendapatkan layanan kesehatan terbaik. Dengan besarnya populasi, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia,” ujar Signal Atzmon, CEO dan Pendiri Medix Global, dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (8/10/2021).

Baca juga :   Tokopedia, OVO dan Grab Bersatu Perangi COVID-19

Menjawab pertanyaan seputar fitur utama aplikasi layanan kesehatan digital, responden menjawab bahwa aplikasi harus, sesuai urutan kepentingan: 1) memiliki kemampuan untuk berkomunikasi melalui pesan tertulis dengan dokter atau suster; 2) menjadi alat untuk mengelola kondisi kronis secara optimal; 3) dapat membaca hasil tes darah secara digital dan memberikan panduan medis.

Survei tersebut juga menyimpulkan tiga penyakit paling ditakuti masyarakat Indonesia adalah penyakit kardiovaskular (68%), diikuti oleh penyakit pernapasan (67%), dan kanker (53%).

Terkait dengan sistem kesehatan di Indonesia, sebanyak 61% peserta survei menyatakan puas dengan sistem kesehatan publik. Sedangkan 78% menyatakan puas dengan sistem kesehatan swasta. Masyarakat Indonesia merasa masih perlu ada peningkatan di tiga bidang yaitu kualitas sistem kesehatan, transparansi sistem kesehatan, dan kemudahan akses layanan kesehatan.

Sebagian besar (88%) menyatakan ketertarikan terhadap layanan Manajemen & Dukungan Medis Personal. Dan, 87% menyatakan bersedia untuk memperbarui polis kesehatan mereka untuk memastikan polis tersebut sudah mencakup solusi perawatan dengan teknologi terkini termasuk pengobatan kanker dan layanan kesehatan digital.

Baca juga :   Google Hibahkan Rp 14,5 Milyar Untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

Terkait dengan interaksi antara dokter spesialis dengan pasien, 87% masyarakat Indonesia yakin atas informasi yang diberikan untuk membantu memahami kondisi kesehatan mereka dan 84% yakin telah mendapat diagnosa yang tepat. Namun, meski kepercayaan terhadap dokter spesialis cukup tinggi, di antara masyarakat yang tidak didiagnosa dengan penyakit serius, 88% tetap akan mencari opini kedua untuk diagnosa penyakit serius dari dokter ternama dengan spesialisasi yang sama. Sedangkan dari 15% responden yang didiagnosa dengan penyakit serius, 91% di antaranya akan mencari informasi tambahan untuk memastikan diagnosa yang diberikan sudah benar atau pengobatan yang direkomendasikan sudah yang terbaik. (*AMBS)

Tags: aplikasi kesehatan dan telekonsultasicovid-19Kantarlayanan kesehatan digitalMedix Global
Previous Post

ITS Raih Juara Umum GEMASTIK XIV

Next Post

PeduliLindungi Kini Terintegrasi dengan 15 Platform Digital

Related Posts

Lazada
Analyze

Laporan Lazada: 76% Penjual eCommerce Asia Tenggara Butuh Dukungan untuk Adopsi AI

9 April 2025
0
Lazada
Headline

Lazada Hadirkan AI Lazzie, Layanan Interaktif Untuk Pengguna Yang Dipersonalisasi

8 November 2024
0
Samsung Galaxy Z Flip6
Headline

Bagi Gen Z Kegiatan Olahraga Jadi Kebutuhan Ekpresi Diri

20 Juli 2024
0
Load More
Next Post
Pedulilindungi

PeduliLindungi Kini Terintegrasi dengan 15 Platform Digital

eCommerce Enabler Sirclo Merger dengan Icube

Triawan Munaf dan Maurits Lalisang Jadi Komisaris SIRCLO

BINAR

Platform Pengelolaan SDM Ini Bantu Perusahaan Dapatkan Talenta Digital

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version