Selasa, 21 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Jelang Ramadan, Inilah e-Commerce Yang Jadi Pilihan Pengguna

18 Maret 2023
in Analyze
Reading Time: 3 mins read
e-commerce

Snapcart Indonesia merilis hasil survey tentang e-commerce apa saja yang jadi pilihan pengguna jelang Ramadan (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Menjelang Ramadan tahun ini dengan situasi yang berbeda, para pemain e-commerce semakin gencar berbenah untuk mempersiapkan program yang matang dengan keunggulan yang ditawarkan.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait “Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023” selama 3 bulan terakhir, Snapcart melakukan riset konsumen dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20 – 35 tahun dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

Astrid Wiliandry, Director Snapcart Indonesia mengatakan, melalui survei ini pihaknya ingin melihat perkembangan peta persaingan e-commerce yang semakin menarik menjelang bulan Ramadan 2023, periode dimana aktivitas belanja online cenderung sangat tinggi.

“Dalam dua tahun terakhir, tren belanja online juga terus berkembang, mulai dari faktor yang dicari saat berbelanja online, pilihan promo yang dimanfaatkan hingga berbagai cara baru atau fitur yang muncul untuk melengkapi pengalaman berbelanja. Melihat hal tersebut, terutama dengan kondisi yang berbeda, tentunya terdapat pengaruh terhadap perilaku belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadan hingga persiapan lebaran nanti,” papar Astrid, Jumat (17/3/2023).

Menurut Astrid, pada survei ini terdapat 4 indikator utama yang dapat menggambarkan persebaran preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online pada 3 bulan terakhir.

“Berdasarkan hasil survei, di antara pemain e-commerce di Indonesia, Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 indikator utama,” kata Astrid.

Dijelaskan Astrid, berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, (61%) responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (7%).

Baca juga :   Pasar Jaya Gandeng Shopee Bantu Pedagang Berjualan Online

Untuk indikator merek yang paling pertama diingat atau Top Of Mind, Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 70%, diikuti oleh Tokopedia (22%), Lazada (5%) dan TikTok Shop (2%).

Untuk indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 51%, diikuti dengan Tokopedia (22%), TikTok Shop (11%) dan Lazada (8%).

Pada indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 46%. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (26%), TikTok Shop (10%) dan Lazada (7%).

Temuan Snapcart tersebut sejalan dengan data data.ai di mana di sepanjang tahun 2022, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, juga menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb, Shopee adalah marketplace dengan pengunjung website tertinggi pada bulan Februari 2023 dengan 143 juta pengunjung, memimpin jauh dari Tokopedia (108 juta pengunjung) serta Lazada (74 juta pengunjung) pada periode yang sama.

Baca juga :   Aplikasi Belanja Online Indonesia Teratas

“Mengacu pada hasil riset ini, 98% responden tertarik untuk berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Momentum yang berlangsung kurang lebih satu bulan ini menjadi ruang e-commerce untuk berlomba, ditambah dengan antusiasme masyarakat yang semakin tinggi dengan situasi Lebaran pasca pandemi,” kata Astrid.

Ada 4 faktor pertimbangan responden untuk memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan ialah Gratis Ongkir (71%), Menyediakan Metode Pembayaran COD (37%), Program Ramadan yang Menarik (36%) dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16%).

Hampir setiap pemain menghadirkan penawaran Gratis Ongkir ini, tetapi Shopee menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62%), memimpin jauh dari Tokopedia (20%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (6%).

“Penawaran menarik khususnya gratis ongkir sepertinya akan selalu menjadi salah satu kunci daya tarik utama pada setiap program, khususnya di bulan Ramadan. Keunggulan Shopee dalam indikator ini dapat memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja online yang akan dimanfaatkan masyarakat saat Ramadan nanti,” tambahnya.

Untuk Metode Pembayaran COD, Shopee merupakan platform belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60%), jauh unggul dari kompetitor terdekatnya yaitu Tokopedia (17%), TikTok Shop (12%) dan Lazada (9%).

Sedangkan untuk program Affiliates, terungkap Shopee Affiliate menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang memiliki program afiliasi terbaik (61%), jauh di atas  Tokopedia Affiliate (20%), TikTok Affiliate (13%) dan Lazada Affiliate (4%). Pasalnya, Shopee Affiliate menawarkan program afiliasi dengan komisi terbesar (57%), memimpin jauh dari Tokopedia Affiliate pada urutan kedua (18%), diikuti oleh TikTok affiliate (16%) dan Lazada affiliate (5%).

Baca juga :   Menyiasati Rantai Pasok Perusahaan Saat Pandemi

Shopee juga unggul untuk fitur live streaming. Berdasarkan hasil temuan Snapcart, 46% memilih Shopee Live sebagai fitur yang paling digunakan konsumen untuk menemani rutinitas Ramadan nanti. Diikuti Shopee Video (43%), Tokopedia Play (24%) dan Laz Live (8%).

Data-data tersebut menunjukkan Shopee menjadi unggulan pada aspek-aspek yang diproyeksi menjadi faktor pertimbangan utama saat berbelanja online pada bulan Ramadan nanti. Hal ini didukung dengan hasil survei, dimana Shopee menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan (65%).

Shopee memimpin jauh dari posisi kedua yaitu Tokopedia (21%), diikuti oleh TikTok Shop (7%) dan Lazada (5%). Hal ini didukung dengan hasil survei bahwa 64% responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang menawarkan promo Ramadan terbesar, jauh melampaui Tokopedia (20%), TikTok Shop (7%) dan Lazada (6%).

“Tingginya animo masyarakat terhadap belanja online akan kebutuhan Ramadan nanti, sepertinya akan terus menarik perhatian para pemain e-commerce untuk berlomba-lomba memberikan pengalaman belanja terbaik bagi para pengguna,” tutup Astrid. (*AMBS)

 

Tags: e-commerce pilihan penggunaLazadaShopeeSnapcart IndonesiaTiktok ShopTokopedia
Previous Post

Kolaborasi Startup EdenFarm dan INDICO Terapkan Digitalisasi Teknologi Pertanian

Next Post

Indonesia Venture Capital Database 2023, Permudah Akses Pendanaan Startup di Tengah Tech Winter

Related Posts

Tokopedia
Analyze

UMKM Wajib Catat, Ini Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online

11 Maret 2023
0
rumah pintar
Analyze

Generasi Milenial Paling Peduli Terhadap Keamanan Perangkat Rumah Pintar Mereka

8 Maret 2023
0
generasi muda
Analyze

Karier Menjadi Alasan Utama Generasi Milenial dan Z Hindari Menikah Muda

3 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Indonesia Venture Capital Database 2023

Indonesia Venture Capital Database 2023, Permudah Akses Pendanaan Startup di Tengah Tech Winter

Caroline.id

Tahun 2023, Marketplace Otomotif Caroline.id Targetkan Jual 4000 Unit Mobile Bekas

iBox Apple Premium Partner

Penuhi Kebutuhan UKM, Erajaya Buka Outlet Apple Premium Partner

Discussion about this post

Berita Terbaru

GoTo Manajemen

Kuartal Keempat 2022, Group GOTO Bukukan Pendapatan Kotor Sebesar Rp6,3 Triliun

20 Maret 2023
0
BI-FAST

Kini, DANA Jadi Peserta BI-FAST Penyedia Jasa Pembayaran Nonbank

20 Maret 2023
0
Mobile Legends Bang Bang Game

Kerja Sama UniPin dan GameZero Untuk Top-up Voucher Game

20 Maret 2023
0
AdMedia

AdMedika Dukung Program Kelestarian Lingkungan Hidup di Desa Adat Kedonganan Bali

20 Maret 2023
0
Digitalisasi Bank Perkreditan Rakyat

Digitalisasi BPR, Upaya Dukung Pertumbuhan Bisnis UMKM

20 Maret 2023
0
properti OYO

OYO Berikan Hadiah Bagi Wisatawan yang Nginap Selama Ramadan

20 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version