Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

16 November 2017
in Analyze, Headline
Reading Time: 4 mins read
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tanggal 11 November atau 11.11 diperingati sebagai hari “Jomblo” atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini. Antara lain: Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 ini? iPrice melakukan riset dengan membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends.

iPrice membandingkan popularitas toko online berdasarkan waktu dan juga wilayah. Berikut adalah temuan riset ini:

  1. Lazada, Shopee, dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

 

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia.

Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak 

Baca juga :   Sistem E-Katalog Versi 6.0, Wujudkan Efisiensi dan Transparansi Pengadaan Pemerintah

Lazada

Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia.

Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini.

Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Lazada menjadi toko online paling populer:

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Banten 100
2 Jawa Barat 82
3 Sumatera Barat 79
4 DKI Jakarta 76
5 DIY Yogyakarta 70
6 Riau 61
7 Bali 60
8 Lampung 59
9 Sumatera Selatan 57
10 Kalimantan Timur 55
11 Jawa Tengah 54
12 Sumatera Utara 54
13 Jawa Timur 42
14 Aceh 39
15 Nusa Tenggara Timur 28
16 Papua Barat 25
17 Sulawesi Barat 23
18 Maluku 21
19 Papua 21
20 Gorontalo 19
21 Sulawesi Tenggara 18
Baca juga :   Bukalapak Gandeng GrabKios Bantu 5 Juta Warung di Indonesia

 

Shopee

Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90%” untuk berbagai macam produk.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Bukalapak menjadi toko online paling populer:

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Bangka Belitung 43
2 Bengkulu 37
3 Kepulauan Riau 42
4 Jambi 34
5 Sulawesi Selatan 20
6 Kalimantan Utara 38
7 Kalimantan Tengah 34
8 Sulawesi Utara 28
9 Kalimantan Barat 32
10 Kalimantan Selatan 35
11 Sulawesi Tengah 30

 

Bukalapak

Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Diskon Sampai Jodoh”

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Nusa Tenggara Barat 35
2 Maluku Utara 21

 

  1. Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan:

  • Popularitas Toko Online Lazada Meningkat Tajam Setiap Jam 1
Baca juga :   Kemenkop UKM Targetkan 1 Juta Wirausaha Baru Hingga 2024

Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikian yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.

Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

  • Popularitas Tokopedia Tetap Tinggi Tanpa Promo 11.11

Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

  • Bukalapak dan Shopee Bersaing Sengit

Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

  • Popularitas Toko Online Menurun Setelah 11.11

Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

 

ANDREW PRASATYA | Senior Content Marketer iPrice Group

Tags: 11.11BlanjablibliBukalapakEleveniaGoogle TrendsjombloLazadaShopeesingles dayzalora
Previous Post

Telkomtelstra Dorong Transformasi Digital Di Indonesia

Next Post

Mobile Legends Gelar Turnamen Berhadiah Total Rp1,3 M

Related Posts

Lazada
Headline

Lazada Investasikan Hingga US$25 Juta untuk Festival Belanja 11.11 Tahun Ini

6 November 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
News

Lazada Kerahkan Lima Agen AI Jelang Festival Belanja 11.11

31 Oktober 2025
0
Bukalapak
Headline

Terangkat Kenaikan Nilai Portofolio, Bukalapak Catat Laba Bersih Rp2,4 Triliun

30 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Mobile Legends Gelar Turnamen Berhadiah Total Rp1,3 M

Mobile Legends Gelar Turnamen Berhadiah Total Rp1,3 M

Startup Kesehatan Alodokter Terima Pendanaan Seri B

Startup Kesehatan Alodokter Terima Pendanaan Seri B

Coworking Indonesia Inspirasi Pelaku Coworking Asia Tenggara

Tumbuhkan Semangat Coworking Lewat Coworkfest 2017

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version