Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

youngster.id - Tanggal 11 November atau 11.11 diperingati sebagai hari “Jomblo” atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini. Antara lain: Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 ini? iPrice melakukan riset dengan membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends.

iPrice membandingkan popularitas toko online berdasarkan waktu dan juga wilayah. Berikut adalah temuan riset ini:

  1. Lazada, Shopee, dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

 

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia.

Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak 

Lazada

Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia.

Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini.

Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Lazada menjadi toko online paling populer:

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Banten 100
2 Jawa Barat 82
3 Sumatera Barat 79
4 DKI Jakarta 76
5 DIY Yogyakarta 70
6 Riau 61
7 Bali 60
8 Lampung 59
9 Sumatera Selatan 57
10 Kalimantan Timur 55
11 Jawa Tengah 54
12 Sumatera Utara 54
13 Jawa Timur 42
14 Aceh 39
15 Nusa Tenggara Timur 28
16 Papua Barat 25
17 Sulawesi Barat 23
18 Maluku 21
19 Papua 21
20 Gorontalo 19
21 Sulawesi Tenggara 18

 

Shopee

Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90%” untuk berbagai macam produk.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Bukalapak menjadi toko online paling populer:

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Bangka Belitung 43
2 Bengkulu 37
3 Kepulauan Riau 42
4 Jambi 34
5 Sulawesi Selatan 20
6 Kalimantan Utara 38
7 Kalimantan Tengah 34
8 Sulawesi Utara 28
9 Kalimantan Barat 32
10 Kalimantan Selatan 35
11 Sulawesi Tengah 30

 

Bukalapak

Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Diskon Sampai Jodoh”

No Provinsi Nilai Search Interest
1 Nusa Tenggara Barat 35
2 Maluku Utara 21

 

  1. Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan:

Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikian yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.

Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

 

ANDREW PRASATYA | Senior Content Marketer iPrice Group

Exit mobile version