youngster.id - Lebih dari 90% responden yang pernah menggunakan Kereta Cepat Whoosh merasa puas dengan moda transportasi ini serta layanannya. Hal itu terungkap dari laporan Populix yang berjudul “Kepuasan Penumpang Kereta Cepat Whoosh dan Potensi di Masa Mendatang”.
Indah Tanip, VP of Research Populix mengatakan, Kereta Cepat Whoosh sukses menciptakan pengalaman perjalanan yang tidak hanya efisien tetapi juga menyenangkan, memenuhi ekspektasi pelanggan yang mengutamakan kenyamanan dan ketepatan waktu.
“Laporan kami menyoroti bahwa aspek-aspek ini memainkan peran penting dalam membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan. Di sisi lain, tingginya ekspektasi calon penumpang terhadap inovasi, serta kemudahan akses dari-dan-menuju stasiun menunjukkan adanya peluang pertumbuhan yang signifikan di masa depan. Untuk itu, promosi berkelanjutan dan rekomendasi positif akan menjadi kunci dalam memaksimalkan potensi ini,” kata Indah, Selasa (29/10/2024).
Laporan itu menunjukkan bahwa penumpang merasa puas terhadap keseluruhan pengalaman penggunaan Kereta Cepat Whoosh mulai dari fasilitas di stasiun, keamanan dan kenyamanan di dalam kereta, hingga layanan pelanggannya.
Sebanyak 94% penumpang menyatakan kepuasan mereka terhadap fasilitas di stasiun Kereta Cepat Whoosh, yang memberikan pengalaman menunggu yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, kenyamanan kursi dan keamanan di dalam kereta turut memberikan kesan positif bagi perjalanan mereka. Sebanyak 93% responden juga menilai layanan pelanggan yang disediakan oleh Kereta Cepat Whoosh sangat responsif.
Menariknya pada riset ini terlihat bahwa Kereta Cepat Whoosh mendapatkan skor Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi, terutama dari penumpang yang sering menggunakan layanan ini untuk kedua tujuan, yaitu bisnis dan rekreasi. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan Kereta Cepat Whoosh, semakin mereka merasa puas dan cenderung merekomendasikannya kepada orang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa pengalaman positif yang dirasakan penumpang akan terus meningkat seiring dengan frekuensi penggunaan.
Para responden sepakat bahwa Kereta Cepat Whoosh merupakan pilihan moda transportasi yang efisien, dengan waktu tempuh yang cepat, dan ketepatan jadwal yang konsisten, menjadikannya moda transportasi yang dapat diandalkan.
Sementara itu, mayoritas (87%) responden yang telah menggunakan Kereta Cepat Whoosh memanfaatkan promo, seperti diskon pada harga tiket, dan berharap program promosi ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.
Sementara itu, bagi responden yang belum pernah menggunakan Kereta Cepat Whoosh, mereka memiliki harapan tinggi terhadap pengalaman yang ditawarkan. Mereka menginginkan adanya inovasi teknologi terbaru, perjalanan yang singkat, serta akses mudah ke transportasi penghubung dari dan ke stasiun Kereta Cepat Whoosh. Potensi mereka untuk mencoba layanan ini akan meningkat jika mendapatkan rekomendasi positif dari orang lain.
Satu tahun sejak beroperasi secara komersial pada tanggal 17 Oktober 2023 Kereta Cepat Whoosh telah melayani mobilitas 5,8 juta penumpang Jakarta-Bandung. Kehadiran Kereta Cepat Whoosh telah membantu efisiensi moda transportasi, sehingga mewujudkan mobilitas yang lebih terintegrasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Jakarta, Bandung, serta wilayah sekitarnya. (*AMBS)