Selasa, 13 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Visa: Tren Pariwisata dan Ritel Dorong Pertumbuhan Transaksi Selama Ramadan

20 Maret 2025
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
Teknologi Contactless Dari Visa Hadir Di McDonald

Pembayaran contactless, Visa di McDonald’s. (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Visa merilis laporan “Ramadan Insights” yang menyoroti tren utama dalam transaksi digital selama bulan Ramadan. Hasil temuan data Visa mengungkap bahwa sektor pariwisata melalui online travel agent (OTAs) menjadi pendorong utama pertumbuhan transaksi, mencerminkan perubahan perilaku konsumen yang semakin mengandalkan solusi digital dan e-commerce.

Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari menjelaskan, bulan Ramadan bukan sekedar momen perayaan – namun juga bulan yang menunjukkan aktivitas ekonomi tertinggi di Indonesia. Data Visa pada tahun 2024 mencatat lonjakan transaksi pembayaran yang signifikan mencapai 80%, di mana sektor perjalanan mendominasi total jumlah transaksi.

“Berdasarkan hal tersebut, Visa melihat bahwa bisnis harus bergerak cepat untuk memanfaatkan momentum seiring dengan semakin kuatnya peran pembayaran digital,” ucap Vira dikutip Kamis (20/3/2025).

Baca juga :   GMASA Dukung Ekosistem Industri Mobile di Indonesia

Vira menjelaskan, berdasarkan data dari Visa Consulting & Analytics (VCA), bulan Ramadan telah secara konsisten ditandai dengan meningkatnya volume pembelanjaan terutama untuk mudik dan perjalanan wisata, di mana sektor ini berkontribusi terhadap 65% dari total transaksi pada 2024. VCA juga mencatat bahwa transaksi untuk perjalanan terus menunjukkan pertumbuhan positif dalam minggu pertama bulan Ramadan 2025.

“Tren ini juga menggarisbawahi meningkatnya peran platform digital untuk pembelian tiket, akomodasi, dan pembelanjaan selama bulan Ramadan,” ujarnya.

Selain sektor perjalanan, sektor ritel offline mengalami pertumbuhan transaksi tertinggi hingga 35% YoY, khususnya untuk transaksi department store yang selaras dengan kebutuhan pembelanjaan Idul Fitri termasuk fesyen, makanan, dan barang kebutuhan rumah tangga. Selain itu, beberapa ritel offline untuk kategori high-end brand juga memperlihatkan tren yang meningkat sepanjang Ramadan, terutama setelah pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), yang menunjukkan preferensi konsumen untuk berbelanja barang mewah.

Baca juga :   E-commerce ini Ekspansi Logistik Dengan Membuka Gudang Di 7 Kota Besar Seluruh Indonesia

“Tren ini juga menggaris bawahi bahwa pengalaman belanja di toko fisik tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia meskipun e-commerce terus berkembang. Sementara di sektor e-commerce sendiri, pembelanjaan di platform tersebut mencatat pertumbuhan transaksi hingga 40% sebelum bulan Ramadan terutama untuk produk fesyen dan elektronik,” paparnya.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan selama Ramadan di tahun ini, terutama di pekan terakhir menjelang Idul Fitri, pelaku bisnis dapat mengambil langkah-langkah strategis berikut:

  • Institusi finansial: Mengembangkan pembayaran digital dengan penawaran cashback dan insentif transaksi lintas negara.
  • E-commerce dan Ritel: Meluncurkan kampanye flash sale dan promo eksklusif di dua minggu terakhir pada bulan Ramadan setelah keluarnya THR untuk memaksimalkan lonjakan belanja menjelang Lebaran.
  • Sektor Perjalanan & Perhotelan: Menawarkan paket perjalanan khusus sepanjang libur Ramadan dan Idul Fitri baik bagi wisatawan domestik ataupun mancanegara yang berkunjung ke Indonesia guna meningkatkan sektor pariwisata.
Baca juga :   Pertumbuhan E-commerce di Indonesia 500%

“Visa akan terus berinovasi dengan mengembangkan solusi pembayaran yang relevan dan adaptif serta penawaran-penawaran menarik bagi pengguna kartu Visa, sehingga bisnis dan konsumen Indonesia dapat memanfaatkan peluang ekonomi digital yang semakin berkembang terutama pada bulan Ramadan,” tutup Vira.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceonline travel agent (OTAs)Ramadan Insightstransaksi digitalvisa
Previous Post

Singapura Paling Diminati Orang Indonesia Yang Ingin Bekerja di Luar Negeri

Next Post

Dorong Kesiapan Kerja Talenta AI, Jobstreet by SEEK Gabung Ke elevAlte Indonesia

Related Posts

Lazada
News

Langkah Strategis Lazada Untuk Berantas Produk Palsu

29 April 2025
0
Lazada
Analyze

Laporan Lazada: 76% Penjual eCommerce Asia Tenggara Butuh Dukungan untuk Adopsi AI

9 April 2025
0
Tokopedia dan TikTok Shop Perkuat Sinergi Untuk Dukung Penjual di Kedua Platform
Headline

Tokopedia dan TikTok Shop Perkuat Sinergi Untuk Dukung Penjual di Kedua Platform

18 Maret 2025
0
Load More
Next Post
elevAIte

Dorong Kesiapan Kerja Talenta AI, Jobstreet by SEEK Gabung Ke elevAlte Indonesia

Aplikasi Stunting Hub dari Telkom Permudah Posyandu Tekan Angka Stunting

Aplikasi Stunting Hub dari Telkom Permudah Posyandu Tekan Angka Stunting

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif

Discussion about this post

Recent Updates

Carnifex

Tundukkan Juara Bertahan, Carnifex Raih Gelar Juara ASL 2025 Spring

12 Mei 2025
JAFF Market

JAFF Market Tampilkan Perkembangan Industri Kreatif Indonesia di Cannes Film Festival

12 Mei 2025
Pesta Kuliner GoFood

Gandeng 5.200 Mitra Usaha, GoFood Hadirkan Pesta Kuliner

12 Mei 2025
BluAmbassador, Membangun Generasi Muda Melek Finansial dan Pengembangan Diri

BluAmbassador, Membangun Generasi Muda Melek Finansial dan Pengembangan Diri

11 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Sashia, Presa, Jenda, & Kevin : Meraup Sukses Lewat Bisnis Kuliner Makanan Khas Hawaii

Sashia, Presa, Jenda, & Kevin : Meraup Sukses Lewat Bisnis Kuliner Makanan Khas Hawaii

4 September 2017
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Carnifex

Tundukkan Juara Bertahan, Carnifex Raih Gelar Juara ASL 2025 Spring

12 Mei 2025
JAFF Market

JAFF Market Tampilkan Perkembangan Industri Kreatif Indonesia di Cannes Film Festival

12 Mei 2025
Pesta Kuliner GoFood

Gandeng 5.200 Mitra Usaha, GoFood Hadirkan Pesta Kuliner

12 Mei 2025
BluAmbassador, Membangun Generasi Muda Melek Finansial dan Pengembangan Diri

BluAmbassador, Membangun Generasi Muda Melek Finansial dan Pengembangan Diri

11 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version