Aplikasi Digital Bisa Memajukan Pariwisata

Sepanjang bulan Januari - September 2016 jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia naik 8,51% (Foto: Seskab/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kekayaan alam dan budaya Indonesia membuat destinasi wisata bertebaran di berbagai wilayah. Agar potensi wisata yang demikian banyaknya dapat lebih dikenal luas, dibutuhkan kerjasama banyak pihak. Salah satunya melalui aplikasi digital daring.

Febtriany, CEO KitaINA.id (platform travel blogger lokal) mengatakan, tren hari ini adalah semakin banyak anak muda tertarik mengeksplor tempat wisata domestik dan membagikannya melalui aplikasi terutama media sosial dan atau blog pribadi.

“Berkat mereka, banyak destinasi wisata yang berkembang ketika ceritanya diangkat traveller blogger ini. Imbasnya, perekonomian masyarakat lokal tumbuh berkat kedatangan para turis yang terinspirasi cerita yang dibagikan, sehingga mereka layak disebut Travel Hero Indonesia,” kata Febtriany di sela-sela pengumuman pemenang kontes “Ceritakan Duniamu” di Livingstone Cafe, Bali, baru-baru ini.

Febtriany melanjutkan, pihaknya dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan secara resmi laman KitaIna.id guna mendorong semua pihak untuk menjadi Travel Hero Indonesia.

Menurut dia, para pecinta traveling dapat mengakses KitaINA melalui kitaina.id, Instagram @kitaina.id, Facebook page kitaina.id dan twitter @kitaina_id guna mendapatkan inspirasi tempat traveling menarik di Indonesia berdasarkan pengalaman travel blogger yang sudah mengeksplornya.

“Kami sedang persiapkan ke depan tiga superpower untuk Travel Hero. Yaitu pusat ilmu untuk meningkatkan keahlian membuat konten traveling, media memperluas koneksi dan interaksi sesama pecinta traveling, serta memberikan peluang bagi mereka yang ingin menghasilkan bisnis dari traveling,” tambahnya.

Pradikta Kusuma mengatakan, dalam ekpos perjalanan wisata, maka terasa bagaimana mudahnya menulis cerita, mengupload foto dan video di KitaINA. Dea April mengatakan, KitaINA dapat menjadi one-stop-media untuk mencari informasi lengkap seputar pariwisata di Indonesia.

 

STEVY WIDIA