ASDP Luncurkan Mobile E-Ticketing

Pelabuhan Bakauheni. (Foto : dok.ASDP/Youngsters.id)

youngster.id - Untuk mempermudah pembelian tiket PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meluncurkan layanan pembelian tiket di luar pelabuhan, mobile e-ticketing.

Layanan ini akan tersedia di rest area kilometer (KM) 43 dan KM 68 tol Tangerang-Merak untuk arus mudik dan di Hotel 56 Kamianda, Lampung untuk arus balik.

Mobile e-ticketing akan melayani pengguna jasa selama 24 jam penuh, mulai dari H-12 hingga H-1 di dua rest area untuk arus mudik. Sementara untuk arus balik dengan posko yang ada di Hotel 56 Kalianda, Lampung akan dilaksanakan pada H+1 hingga H+7 Lebaran.

“Layanan mobile e-ticketing ini untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan roda empat menuju Merak yang diperkirakan naik hingga delapan persen saat puncak arus mudik. Kita berharap mampu memecah padatnya loket di pelabuhan sehingga mampu mengurai kemacetan,” kata Danang S Baskoro Direktur Utama ASDP, Jumat (17/6/2016) di Jakarta.

Menurut dia, untuk mengurai antrean panjang pihaknya juga melakukan penambahan loket penjualan tiket di lintasan Merak-Bakauheni. Di Merak, ASDP akan menambah loket portable sebanyak 42 unit, yakni dua loket penumpang, 14 loket sepeda motor, sembilan loket kendaraan, 10 loket di Terminal Terpadu Merak (TTM), tiga loket rest area KM 43, tiga loket rest area KM 68, dan satu loket di stasiun kereta api.

Baca juga :   Pertumbuhan Bisnis Nonseluler Telkom Positif

Sedangkan untuk di pelabuhan Bakauheni, lanjut dia, ASDP juga akan menambah loket sebanyak 12 unit yang terdiri dari empat loket penumpang, lima loket untuk motor, dan tiga loket di hotel 56 Kalianda.

“Memang, TTM akan dimaksimalkan operasionalnya pada pelaksanaan angkutan Lebaran 2016 ini supaya pengguna jasa penyeberangan merasa semakin mudah dan puas selama perjalanan mudik dan balik Lebaran 2016,” imbuhnya.

Melalui keterangan tertulis, General Manager ASDP Cabang Merak Tommy Kaunang menambahkan, selama puncak arus mudik Lebaran tahun ini, perjalanan feri diperkirakan mencapai 112 perjalanan. Untuk jumlah penumpang diprediksi mencapai 90 ribu orang per hari, sepeda motor 20 ribu unit, dan 13 ribu untuk kendaraan kecil.

“Meski begitu, kapasitas terpasang kapal mencukupi karena akan dioperasikan kapal berukuran besar mulai H-5 atau 1 Juli 2016. Sebanyak 56 dari total 59 unit kapal yang beroperasi di Merak, siap melayani angkutan penyeberangan selama Lebaran,” ungkap dia.

Sementara itu, General Manager ASDP Cabang Ketapang Yusuf Hadi mengaku juga telah menyiapkan 52 armada kapal termasuk cadangan, untuk melayani para pemudik dan pebalik pada lebaran 2016. Untuk itu, mereka telah menyiapkan tiga skenario yakni pengoperasian 32 kapal pada kondisi normal, 36 kapal pada kondisi padat dan 38 kapal pada kondisi sangat padat.

Baca juga :   Agar Inovatif, Mari Cintai Teknologi

STEVY WIDIA