Audiobook, Menikmati Buku Dengan Cara Yang Berbeda

Audiobook

Audiobook di Noice. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Memperingati Hari Buku Nasional platform konten audio lokal Noice berkolaborasi dengan Gramedia Pustaka Utama (GPU) menghadirkan gerakan #1Hari1Noicebook. Ini sebagai bentuk kampanye edukatif bagi masyarakat tentang buku audio atau audiobook.

Noicebook merupakan sebutan dari fitur audiobook yang hadir di aplikasi Noice. Audiobook menghadirkan rangkuman buku-buku best seller dalam format audio berdurasi singkat sekitar 15-20 menit.

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan, audiobook merupakan sebuah inovasi konten audio yang sangat menarik dimana masyarakat yang suka baca buku tetapi tidak punya waktu maupun akses untuk membaca buku, bisa tetap menikmati isi rangkuman buku-buku best seller dalam format audio.

“Lewat gerakan #1Hari1Noicebook, Noice dan GPU ingin mengajak lebih banyak masyarakat, khususnya anak muda, untuk bisa menikmati buku dengan cara berbeda, namun tetap mendapatkan intisarinya, yakni lewat format audio,” kata Niken dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Menurut dia, hanya dalam 15-20 menit, pengguna Noice bisa menambah pengetahuan mereka lewat mendengarkan Noicebook, sambil tetap melakukan kegiatan sehari-hari atau multi-tasking.

Gerakan #1Hari1Noicebook yang digagas oleh Noice dan GPU, juga bertujuan untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia masuk ke dalam 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

General Manager Gramedia Pustaka Utama, Andi Tarigan, menyambut baik kolaborasi antara GPU dan Noice dalam campaign #1Hari1Noicebook yang diharap dapat menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca dan kegiatan literasi.

“Seiring dengan perkembangan zaman dan era digital, saat ini buku bisa diakses dengan lebih luas dan mudah, tanpa harus mengandalkan bentuk fisik. Lewat rangkuman audiobook yang hadir di Noice, sebuah buku bisa tetap dinikmati bahkan sambil melakukan berbagai kegiatan sekaligus atau multi-tasking,” paparnya.

Andi harap gerakan #1Hari1Noicebook bisa menciptakan suatu kebiasaan baru yang baik bagi anak-anak muda Indonesia untuk memperkaya literasi dan pengetahuan mereka hanya dalam 15-20 menit dengan mendengarkan ringkasan buku audio, sebagai alternatif buku fisik.

Gerakan #1Hari1Noicebook diadakan selama 1 pekan mulai 17 – 23 Mei 2022. Masyarakat bisa mendengarkan 1 Noicebook per hari di aplikasi Noice, dan mem-posting Noicebook yang mereka dengarkan setiap harinya di Instagram Story dengan hashtag #1Hari1Noicebook #DengarBuku.

Beberapa influencer dan penulis lokal dari penerbit GPU juga turut berpartisipasi dalam gerakan ini, antara lain Alexander Thian ‘Amrazing’, Elnov, Samuel Ray, Regis Machdy, dan masih banyak lagi.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version