Bank Danamon Gandeng Startup Ayo Kenalin untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Bank Danamon

Bank Danamon Gandeng Ayo Kenalin untuk Tingkatkan Literasi Keuangan (Foto: Istimewa)

youngster.id - Bank Danamon menggandeng perusahaan startup Ayo Kenalin (PT Esta Digital Niaga) untuk membuat nasabah lebih mudah membuka rekening tabungan di Bank Danamon.

Melalui program kerja sama ini, pengguna aplikasi Ayo Kenalin dapat mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk perbankan Danamon yang mereka butuhkan. Bank Danamon bersama Ayo Kenalin menghadirkan informasi mengenai produk-produk perbankan Danamon sehingga masyarakat yang masih belum memiliki produk perbankan namun sudah menggunakan aplikasi Ayo Kenalin mendapatkan informasi mengenai berbagai produk dan layanan Danamon, dan dapat membuka tabungan secara digital pada gawai masing-masing, kapan saja dan di mana saja.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2020, dari populasi masyarakat Indonesia yang berumur di atas 15 tahun, hanya 40.3% yang telah memiliki rekening di institusi keuangan manapun. Rendahnya kepemilikan rekening di Indonesia, selain karena rendahnya literasi keuangan, juga dipengaruhi rendah atau tingginya biaya akses layanan keuangan, serta akses untuk menggunakan layanan keuangan tersebut.

Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer Bank Danamon mengatakan, kolaborasi dengan Ayo Kenalin ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan, terutama dalam hal pembukaan rekening Bank Danamon.

“Melalui aplikasi Ayo Kenalin, Danamon menyediakan produk perbankan dengan saluran digital yang cocok untuk melakukan perencanaan keuangan dasar dengan hadiah menarik, mulai dari pertama rekening dibuka. Hal ini sesuai dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan,” ujar Andreas dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (10/2/2022).

Erik Natapradja, Direktur Ayo Kenalin mengatakan, Ayo Kenalin merupakan aplikasi agregator yang memiliki lebih dari 120 ribu pengguna dan menyediakan berbagai layanan keuangan. Aplikasi Ayo Kenalin juga dapat dimanfaatkan oleh para Agennya untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui sistem referral.

“Kerja sama yang dijalin dengan Danamon ini menarik karena membantu meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, terutama bagi kelompok masyarakat unbanked di Indonesia,” kata Erik.

Nasabah yang membuka rekening baru di Bank Danamon akan mendapatkan keuntungan berupa hadiah langsung sebesar Rp100.000, yang akan didapatkan jika nasabah membuka rekening D-Save dari aplikasi D-Bank reguler, dengan menggunakan kode referral AYONABUNG dan jumlah tabungan minimal Rp500.000 yang dipertahankan hingga akhir bulan. Nasabah juga diharuskan untuk segera mengunduh dan mengaktifkan D-Bank PRO dalam tujuh hari kalender. Hadiah tersebut akan disalurkan secara langsung ke masing-masing rekening nasabah.

Menurut Andreas, selain melalui kerja sama dengan berbagai mitra fintech seperti Ayo Kenalin, Bank Danamon juga memiliki program literasi keuangan reguler yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengelolaan uang dasar, investasi sederhana hingga menengah, serta berbagai produk perbankan agar masyarakat dapat memegang kendali atas pengelolaan keuangannya, yaitu Danamon Financial Friday, yang merilis episode baru setiap hari Jumat di Youtube (https://bdi.co.id/dff).

“Kami mendukung kolaborasi yang positif ini untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki tabungan di bank yang aman dan terpercaya seperti Danamon,” tutup Andreas.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version