Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan Bagi UKM Kreatif Mataram

15 September 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan Bagi UKM Kreatif Mataram

Deputi Akses Permodalan mengadakan kelas manajemen keuangan usaha pada 14 -16 September 2016 di Mataram, NTB. (Foto : Bekraf/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong pertumbuhan industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi kreatif . Untuk itu Bekraf menyelenggarakan kegiatan pelatihan Kelas Manajemen Keuangan Usaha Bagi UKM Kreatif ke-7 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif yang telah diinisiasi Bekraf sejak Mei 2016 lalu. Kegiatan ini digelar 14-16 September 2016 yang dilaksanakan di Hotel Aston Inn, Mataram. Sebanyak 100 usaha kecil menengah (UKM) Kreatif hasil seleksi Bekraf menjadi peserta di setiap kota tempat workshop berlangsung.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan pertumbuhan industri kreatif Indonesia sebagai tulang punggung ekonomi kreatif dapat dikembangkan dari pemberian pelatihan teknis dan peningkatan kapasitas pelaku UKM, dalam hal ini di bidang akses permodalan dan pengelolaan keuangan. “Untuk itu, kami memfasilitasi para pelaku UKM Kreatif secara khusus peningkatan keterampilan di bidang permodalan dan pengelolaan keuangan syariah,” ucap Triawan baru-baru ini.

Baca juga :   Popconnect, Platform untuk Kembangkan Industri Kreatif

Menurut Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo UKM Kreatif perlu menata diri agar dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kapasitas untuk menjalankan usaha secara lebih optimal. Salah satu upaya peningkatan kapasitas dapat berbentuk penambahan modal, baik modal dari pinjaman atau pengembangan bersama investor.

“Kuncinya adalah scale up untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia dan sekaligus meningkatkan kapasitas para pelaku usaha,” ujar Fadjar.

Untuk dapat sampai ke tahap tersebut, Fadjar mengatakan, ada satu syarat yang sangat penting yang wajib dipenuhi oleh seorang pelaku usaha atau pemilik bisnis, yaitu memiliki pengaturan keuangan yang baik. Tata kelola keuangan yang akuntabel dapat meningkatkan potensi penambangan modal dari pihak luar, seperti kucuran modal dari investor atau pinjaman perbankan melalui mekanisme KUR.

Pada hari pertama Kelas Manajemen Keuangan Usaha Bagi UKM Kreatif ke-7 di Mataram ini, peserta pelatihan mendapat materi mengenai manajemen kredit usaha rakyat (KUR) dengan narasumber dari Bank Rakyat Indonesia (BRi). Di hari kedua, narasumber dari Management Consultant and Advisory Daroe Handojo akan menyampaikan materi seputar manajemen keuangan usaha. Sementara pada hari terakhir, peserta akan menimba ilmu pemasaran produk dan jasa yang disampaikan oleh MarComm Trainer and Consultant Eryta Novianti.

Baca juga :   Waspadai Android Palsu Yang Dapat Membajak Perangkat Anda

Melalui program Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif ini, Bekraf mengharapkan adanya perubahan paradigma dari pada pelaku industri kreatif. Ada pengubahan dari bisnis sampingan menjadi bisnis utama yang dikelola serius, dari bisnis kecil dengan pencatatan keuangan sederhana menjadi bisnis dengan pencatatan akuntansi profesional, dari bisnis kecil tanpa target menjadi bisnis dengan strategi tahunan yang nyata.

Sebelumnya, Bekraf telah menggelar kelas keuangan di enam kota, yakni di Jakarta (24/5-26/5), Bali (21/6-26/6), Tangerang Selatan (5/8-7/8), Bandung (18/8-20/8), Yogyakarta (29/8-31/8) dan Banjarmasin (4/9-6/9).

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonimi Kreatif (BEKRAF)industri kreatifkelas keuangan UKM kreatif
Previous Post

Orang Tua Indonesia Lebih Suka Anak Bersekolah ke Luar Negeri

Next Post

Lazada Gelar Pekan Super Brand

Related Posts

Nuon Digital Indonesia
Headline

Tiga Fokus Nuon Untuk Perkuat Posisi di Industri Hiburan Digital

2 Juni 2025
0
BrightspotMRKT Dorong Keberlanjutan Industri Ekonomi Kreatif Lokal
Headline

BrightspotMRKT Dorong Keberlanjutan Industri Ekonomi Kreatif Lokal

25 September 2024
0
NUON
News

Dukung Industri Kreatif Tanah Air, Nuon Meriahkan Indonesia Comic Con X DG Con

3 November 2023
0
Load More
Next Post
Ramadhan, Penjualan Lazada Meningkat 10 Kali Lipat

Lazada Gelar Pekan Super Brand

Fasilitas Media Center PON Oke, Gubernur pun Terkesan

Fasilitas Media Center PON Oke, Gubernur pun Terkesan

zVentures, Anak Perusahaan Razer untuk Investasi Startup

zVentures, Anak Perusahaan Razer untuk Investasi Startup

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version