youngster.id - Brand lokal Torch mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak masuk ke ranah online. Rata-rata penjualan online Torch telah tumbuh 100 kali dalam 5 tahun terakhir. Mayoritas konsumen Torch merupakan profesional muda dengan tingkat mobilitas tinggi yang memerlukan solusi praktis dalam membawa barang ketika traveling maupun berkegiatan sehari-hari.
“Setelah melewati berbagai tantangan dan hambatan, pilihan Torch untuk bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang tepat bagi bisnis kami. Pertumbuhan bisnis Torch menjadi sangat jauh berkembang jika dibandingkan dengan awal kami berdiri,” kata Ben Wirawan founder Tourch dalam acara Media Briefing – Shopee 3.3 Fashion Sale, Kamis (24/2/2022).
Brand tas lokal asal Bandung ini didirikan Ben bersama Hanafi Salman pada tahun 2015. Sejak awal Torch merupakan brand yang identik dengan tas traveling, dimana para penggemar hobi ini membutuhkan tas yang kuat tetapi tidak berat agar nyaman berkegiatan. Salah satu material unggulan Torch adalah material Duralite Nylon yang 30% lebih ringan namun memiliki kekuatan 2x lipat dari polyester biasa.
Meski demikian, bisnis ini juga mengalami pasang surut. Ben menuturkan, dua tahun sejak didirikan, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen, yang membawa banyak rintangan bagi brand milik Ben ini.
“Pemasaran dengan cara konvensional ini berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, dimana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal,” kisahnya.
Pada akhir 2017, mereka akhirnya memutuskan untuk ke jalur digital. Salah satunya dengan bergabung di Shopee yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch. Lewat pemasaran online yang dilakukan, Torch berhasil melampaui jumlah penjualan yang melebihi 2 tahun awal berdirinya ketika masih menggunakan sistem pemasaran konvensional.
“Bahkan dengan bergabung di Shopee, saat ini kami bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Merupakan suatu kebanggan bagi saya bahwa produk hasil karya Torch dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Ini menjadikan proses pembuatan produk yang sangat kompleks dan melelahkan menjadi berarti dan ada maknanya,” kata Ben.
Perjalanan panjang Torch berhasil membawa brand milik Ben Wirawan ini dipercaya sebagai official merchandise dari Jakarta Film Week, festival film berskala internasional yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Tidak hanya itu, Torch pun sudah sudah membuktikan prestasinya dengan memegang 2 penghargaan Indonesia Good Design Selection, sebuah anugerah Bangga Buatan Indonesia dan menjadi salah satu penerima penghargaan internasional Golden Bauhinia Excellence Award di China.
“Saat ini dengan zaman yang berkembang, masyarakat sudah semakin mempercayai kualitas produk lokal dan beralih menggunakannya, bahkan menjadi konsumen yang loyal. Terlebih dengan hadirnya platform seperti Shopee yang membuat konsumen semakin mudah untuk membeli produk, serta kemudahan pula untuk penjual lokal seperti kami menunjukkan hasil karya. Hal ini yang lah yang menjadi dorongan bagi kami untuk tidak berhenti berinovasi dalam menunjukkan kualitas produk yang merupakan keunggulan Torch,” pungkas Ben.
STEVY WIDIA
Discussion about this post