Berlari Ultra Marathon Sambil Berdonasi Bagi Anak Yang Kehilangan Orang Tua

Penyerahan donasi Run to Care 2024 ke SOS Children’s Villages Lembang. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Olahraga lari, terutama marathon semakin diminati masyarakat terutama anak muda. Kegiatan ini tak hanya sehat tetapi juga bisa menjadi saluran kebaikan. Seperti gelar Run To Care acara lari charity ultra-marathon yang bertujuan untuk menggalang dana bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua.

Kegiatan ini digelar oleh SOS Children’s Villages Indonesia untuk mengajak masyarakat memberikan dukungan terhadap program pengasuhan 157 anak dalam naungan SOS Children’s Villages di Lembang, Jawa Barat.

National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo mengatakan, SOS Children’s Villages Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk turut serta memberikan dukungan dan harapan bagi masa depan anak-anak.

“Misi Run to Care Bandung – Lembang 2024 dilatarbelakangi oleh kasus penelantaran anak yang masih menjadi masalah sosial di Indonesia dan tak kunjung teratasi, salah satunya di daerah Jawa Barat. Karena itu, SOS Children’s Villages Indonesia terus berkomitmen memberikan pengasuhan dan pemenuhan hak anak yang #DimulaiDariKeluarga demi mendorong Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045,” ungkap Gregor dikutip Rabu (11/9/2024).

Data KemenPPPA 2019 mencatat sebanyak 22.122 bayi terlantar, angka tersebut merupakan yang tertinggi di antara provinsi lain baik di dalam maupun luar Pulau Jawa. Untuk itu, masih diperlukan upaya penanganan yang sistematis dan terintegrasi serta diperlukan dukungan, juga kerja keras bersama dalam menyelesaikan permasalahan pengasuhan tidak layak pada anak di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, sebanyak 304 pelari offline telah berlari melintasi Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat. Tak hanya itu, 292 pelari virtual juga turut berpartisipasi dengan semangat yang sama, menunjukkan kepedulian mereka terhadap generasi masa depan Indonesia.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana melalui platform Kitabisa.com sejak tanggal 20 Juni – 31 Agustus 2024. Selain itu berhasil mengajak 9.067 donatur untuk menghimpun dana sebesar Rp 2.055.342.229 yang akan mendukung biaya pengasuhan, pendidikan dan kesehatan anak-anak dalam pendampingan SOS Children’s Villages Indonesia.

“Kami menyebut mereka sebagai Pejuang Anak bukan hanya karena donasi yang berhasil mereka kumpulkan, tapi juga karena semangat dan cinta kasih yang tidak pernah padam untuk anak-anak Indonesia. Mereka sudah menjadi bagian dari keluarga SOS Children’s Villages dan merupakan bagian dari semangat pemenuhan hak anak yang #DimulaiDariKeluarga,” kata Gregor.

Donasi yang telah dikumpulkan, diserahkan oleh 15 perwakilan pelari Run to Care kepada SOS Children’s Villages Lembang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version