Bhinneka dan President University Gelar Pelatihan Bisnis Bagi UKM

pelatihan UKM

Pelatihan UMKM binaan PresUniv. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bhinneka dan SetSail BizAccel yang merupakan inkubator bisnis President University (PresUniv) telah meluncurkan platform Campus Marketplace. Kemitraan Bhinneka dan PresUniv juga diperluas untuk menjangkau para pelaku UKM yang berada di sekitar lokasi kampus.

“Kami di Bhinneka menyadari bahwa sebuah ekosistem ekonomi digital yang ideal, tak lepas dari peran serta berbagai pihak. Sehingga kegiatan pembinaan ini menjadi salah satu langkah nyata sinergi antara Bhinneka selaku pelaku industri e-commerce, PresUniv sebagai institusi yang mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta masyarakat pelaku UMKM setempat demi terwujudnya pemberdayaan ekonomi digital yang optimal,” tutur Astrid Warsito Head of Corporate Communication Bhinneka dalam keterangan pers, Rabu (17/11/2021).

Salah satu langkah nyatanya adalah dengan penyelenggaraan pelatihan UKM binaan PresUniv bertajuk “Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Desa Karangraharja dengan Campus Marketplace SetSail.Bhinneka.com”.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung B kampus PresUniv, Cikarang ini, para pelaku UMKM binaan dari Desa Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, mendapatkan wawasan tentang beberapa hal mendasar. Diawali dengan Manajemen Strategi Bisnis di Era Digital, dilanjutkan dengan Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran, serta Pengenalan Digital Marketing. Semua materi dibawakan oleh berbagai tim dari Bhinneka, dan ditambah dengan pendampingan langsung kepada para peserta yang ingin onboard atau bergabung dalam platform.

“Asistensi atau pendampingan ini juga diharapkan bisa menambah jumlah brand atau online tenant yang telah ada di SetSail Store. Agar bisa terus berkembang menjadi one-stop solution store untuk memenuhi seluruh kebutuhan warga PresUniv, dan turut memberdayakan UKM lokal binaan,” ucap Genta Sahuri Prasetya, salah satu dosen PresUniv sekaligus praktisi Digital Marketing.

Kehadiran Campus Marketplace bertajuk SetSail Store ini ditujukan untuk beberapa hal. Selain menjadi lokapasar khusus civitas academica PresUniv yang melayani belanja kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kuliah, maupun perkantoran, SetSail Store sekaligus menjadi wadah praktik nyata kewirausahaan yang dijalankan oleh para mahasiswa kampus yang berada di jantung kawasan industri terbesar Asia Tenggara, yakni Kawasan Industri Jababeka tersebut.

Bhinneka mencatat pertumbuhan Merchant sekitar 30% di sepanjang tahun 2021. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menembus platform BeLa Pengadaan untuk belanja barang dan jasa di lingkungan pemerintahan.

Seluruh Merchant atau pelaku UMKM yang bergabung dalam platform Bhinneka berpeluang terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam konteks business super-ecosystem. Mulai dari mitra perbankan, fintech, mitra penyedia layanan logistik, konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version