Binus Business School Raih Akreditasi International AACSB

Pimpinan BINUS Bersama Tim BINUS BUSINESS SCHOOL dan AACSB saat Peer Review Team Visit ke kampus BINUS Senayan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - AACSB International mengumumkan bahwa Binus Business School, sekolah bisnis dalam Binus University telah berhasil mendapatkan akreditasi The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Didirikan pada 1916, AACSB adalah badan akreditasi dunia untuk sekolah bisnis dan jaringan pendidikan bisnis terbesar yang menghubungkan mahasiswa, akademisi, dan bisnis secara global.

“Akreditasi AACSB mengakui lembaga yang telah menunjukkan fokus pada keunggulan di semua bidang, termasuk pengajaran, penelitian, pengembangan kurikulum dan proses belajar rmahasiswa,” ujar Stephanie M. Bryant, Executive Vice President and Chief Accreditation Officer of AACSB International melalui keterangan persnya Sabtu (16/11/2019).

Menurut dia, komitmen Binus Business School dalam meraih akreditasi adalah cerminan yang sesungguhnya dari dedikasi tidak hanya bagi mahasiswa, jaringan alumni, dan komunitas bisnis yang lebih besar, tapi kepada industri pendidikan tinggi secara keseluruhan.

“Mahasiswa sekarang adalah pemimpin bisnis di masa depan, dan dengan bertambahnya Binus Business School di dalam jaringan sekolah bisnis yang terakreditasi AACSB akan memiliki dampak positif yang panjang untuk institusi mereka, baik lokal maupun global,” ujarnya.

Baca juga :   Marion Jola Raih Penghargaan MAMA 2018

Sama dengan standar kualitas tertinggi, akreditasi AACSB menginspirasi cara baru dalam berpikir di pendidikan bisnis secara global dan hasilnya, hanya didapatkan oleh 5 persen universitas di dunia yang menawarkan program bisnis baik untuk Strata-1 atau lebih tinggi. Saat ini, terdapat 862 institusi di 56 negara yang telah meraih akreditasi AACSB.

Selebihnya, sebanyak 188 institusi meraih akreditasi tambahan untuk program akuntasi mereka. Dezie. L. Warganegara mengatakan, dalam perjalanan akreditasi pertama AACSB, BINUS BUSINESS SCHOOL telah melalui sejumlah perubahan dalam menyiapkan diri berada diantara sekolah bisnis terbaik di dunia.

“Dengan akreditasi AACSB, Binus Business School akan menyediakan pendidikan bisnis terbaik untuk para mahasiswanya. Sementara itu, pengguna lulusan Binus Business School juga mendapatkan jaminan bahwa lulusan Binus Business School adalah profesional yang mampu menjawab tantangan industri dan masyarakat,” ucap Dezie.

Akreditasi AACSB menyediakan sebuah framework berupa 15 standar internasional yang dengannya sekolah bisnis di seluruh dunia dapat menilai kualitas layanan pendidikan mereka. Standar-standar ini memastikan peningkatan berkelanjutan dan menyediakan fokus bagi sekolah untuk mewujudkan misi mereka, berinovasi, dan mendorong dampak yang akan ditimbulkan.

Baca juga :   Garuda Genjot Pendapatan Lewat Digitalisasi

Sekolah yang terakreditasi AACSB telah berhasil menjalani proses peninjauan yang ketat yang dilakukan oleh rekan-rekan mereka di komunitas pendidikan bisnis, memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya, kredensial, dan komitmen yang diperlukan untuk menyediakan siswa dengan pendidikan bisnis kelas satu, yang berfokus pada masa depan.

Selain itu, AACSB juga mengumumkan bahwa Alabama A&M University, Amrita Vishwa Vidyapeetham University, Beijing Institute of Technology, Örebro University, dan University of Wollongong juga meraih akrediasi AACSB.

FAHRUL ANWAR