BINUS Gelar Empowering Festival 2021

BINUS

Peluncuran Empowering Festival dari Bina Nusantara. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - BINA Nusantara terus berkomitmen meningkatkan kontribusi nyata dalam membina dan memberdayakan untuk Nusantara yang lebih maju. Momentum perjalanan selama 40 tahun, BINUS menggelar “Empowering Festival; Selebrasi 40 Tahun BINA Nusantara”.

“Sepanjang perjalanan dan semangat awal para pendiri yang diteruskan hingga kini semangat membina dan memberdayakan itulah yang menjadi landasan bagi BINA NUSANTARA untuk dapat memberikan dampak yang berkesinambungan dan lebih besar lagi kepada negara Indonesia tercinta”, ujar Bernard Gunawan, Ketua Yayasan BINA NUSANTARA diacara bertajuk “Empowering Festival; Selebrasi 40 Tahun BINA Nisantara” baru-baru ini.

Salah satu wujud komitmen BINUS dalam membina dan memberdayakan adalah dengan BINUS UNIVERSITY membangun kolaborasi dengan industri untuk menjawab tantangan ke depan. Tidak hanya itu wujud konkret BINUS UNIVERSITY dalam membina dan memberdayakan masyarakat adalah melalui riset-riset dari BINUSIAN untuk masyarakat Indonesia.

Ada 40 kontribusi riset telah dihasilkan untuk terus memberikan manfaat untuk masyarakat. Beberapa diantaranya ialah inovasi NAYAKALARA-Robot Pendukung Tenaga Medis Membasmi Covid-19, dan Alat Baca Suhu V.4 yang dikembangkan oleh tim Widodo Budiharto salah satu profesor di program studi Computer Science BINUS UNIVERSITY. Sebanyak 20 robot NAYAKALARA telah disalurkan dan digunakan di sembilan rumah sakit di Indonesia seperti di Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekalongan, Semarang, Malang dan Sidoarjo.

Chief Operating Officer BINA Nusantara Wahyudi Santoso, menambahkan BINUS UNIVERSITY sebagai part of the society perlu memberikan sumbangsih ke masyarakat dalam bentuk apapun. “Komitmen kami tidak berhenti walau di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Tentunya, komitmen ini akan tetap berlangsung kedepannya. Oleh karena itu, kami terus berupaya dalam memberikan kontribusi ini termasuk memberdayakan masyarakat sehingga bisa dirasakan manfaatnya atas apa yang selama ini kami lakukan,” katanya.

Rangkuman perjalanan BINA Nusantara hadir dalam buku berjudul Forty Years Journey of Fostering & Empowering Indonesia”. Kini BINUS UNIVERSITY telah memiliki 11 kampus di Indonesia dan 150 ribu komunitas BINUSIAN berkomitmen membina dan memberdayakan Nusantara.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version