youngster.id - Ralali, platform dagang-el dengan konsep business to business (B2B), mengkalim telah menjangkau lebih dari 1 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sejumlah kota di Tanah Air.
Vice President of Commercial and Partnership Ralali Alvin Aulia Akbar mengatakan saat ini produk-produk yang ditawarkan oleh Ralali mencapai 300.000 produk yang dipasok oleh lebih dari 14.000 pemasok. Adapun, sekitar 11.000 di antaranya merupakan pemasok berskala besar atau produsen langsung.
“Proporsi UMKM yang menjadi pelanggan Ralali didominasi oleh 75% pengecer seperti warung kelontong, toko pakaian, toko gawai dan aksesorinya, toko komputer dan aksesorinya yang tergabung dalam kategori BIGMart. Kemudian, disusul oleh pelaku UMKM kuliner seperti kafe, katering, dan rumah makan yang tergabung dalam kategori BIGResto sebesar 9,5%,” kata Alvin dalam keterangannya, Kamis (31/10/2019).
Dia memaparkan, pelaku UMKM terbanyak ketiga yang menjadi pelanggan Ralali adalah pelaku UMKM otomotif yang tergabung dalam kategori BIGAuto. Dia menjelaskan pemberian kategori tersebut merupakan upaya Ralali untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja secara daring baik melalui situs jejaring maupun aplikasi ponsel pintar.
Selain menawarkan penjualan produk-produk barang secara grosir untuk keperluan bisnis pelaku UMKM, Ralali menyediakan produk-produk digital berupa pulsa, paket data, token listrik, layanan pembayaran tagihan, dan uang elektronik yang bisa dijual kembali oleh pelaku UMKM kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya.
“Ralali selain mengembangkan pembayaran, juga mengembangkan pembiayaan, asuransi, dan investasi bagi pelaku UMKM dalam satu platform,” ungkapnya. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Ralali untuk mendorong pengembangan UMKM di Tanah Air dan mengejar target pelanggan sebanyak 1 juta UMKM hingga akhir tahun ini.
Vice President of Marketing Ralali Jessica Carla menyebut pihaknya menyiapkan kehadiran Hari Belanja Item Grosir Nasional (HarBIGNas) pada periode 10.10 sampai 12.12 atau 10 Oktober—12 Desember 2019.
“Setiap transaksi senilai Rp10.000 akan mendapatkan 1 Ralali Poin untuk menjadi tiket memenangkan undian 12.12 dengan hadiah puluhan juta rupiah. Pelaku UMKM juga berhak mendapatkan cashback beragam ke Ralali Wallet yang dapat dibelanjakan kembali,” ujarnya.
Adapun, untuk pembiayaan, Alvin menyebut pelaku UMKM dapat membayar produk-produk yang dibutuhkan untuk keperluan usahanya di kemudian hari dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post