Blu Gandeng Kunto Aji Edukasi Kedewasaan Finansial Lewat Lagu

youngster.id - Pertumbuhan perbankan digital didorong kuat oleh Gen Z yang merupakan kelompok generasi terbesar di Indonesia saat ini. Meski demikian data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, tingkat literasi keuangan generasi Z termasuk rendah, yaitu 44,04% atau lebih rendah 3,94% dari generasi milenial.

Untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak muda akan pentingnya mengelola keuangan secara bijaksana, Blu dari PT Bank Digital BCA berkolaborasi dengan musisi Kunto Aji membuat lagu “Sepanjang Jalan Pegangan.”

AVP Marketing Communications, Head of Brand & Awareness BCA Digital Brigida Alexandra mengungkapkan, generasi muda memiliki prioritas untuk bisa meraih stabilitas finansial lewat pengelolaan keuangan yang baik. Untuk mempermudah edukasi keuangan blu by BCA Digital terus berinovasi dan melakukan terobosan.

“Kami melalui berbagai produk, fitur, dan program, kami berupaya menghadirkan solusi keuangan yang tepat guna, termasuk literasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan sobatblu. Oleh karena itu, kolaborasi bersama Kunto Aji ini diharapkan dapat mendukung peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Selain itu juga, untuk memperluas pesan edukasi dari kami terkait pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak sejak muda untuk bisa meraih kedewasaan finansial,” kata Brigida Kamis (9/8/2024).

Menurut dia, lagu kerjasama Blu dan Kunto Aji ini diproduksi dengan memadukan kreativitas musik dan teknologi generative AI. Meski demikian, tetap mengedepankan ekspresi kreatif, otentik, dan tentunya orisinalitas dari sang musisi.

“Kami berharap lagu “Sepanjang Jalan Pegangan” ini relevan dengan permasalahan yang dihadapi generasi muda saat ini, sekaligus memotivasi kedewasaan finansial masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kunto Aji. “Lagu ini sangat relevan dengan saya. Lirik lagu ini menyadarkan kita bahwa perjalanan menuju kedewasaan itu selalu penuh dengan tantangan. Setiap liriknya adalah pengingat bahwa kita butuh solusi yang relevan untuk menghadapi berbagai tantangan, terutama masalah keuangan,” tutur Kunto Aji.

Dia menjelaskan, dalam proses produksi lagu ini mengadopsi teknologi AI generatif, yang memperkaya variasi lagu tanpa mengurangi authenticity dan orisinalitas musik, maupun sang penyanyi. Lagu ini akan diluncurkan pada 16 Agustus 2024.

 

 

STEVY WIDIA

 

 

Exit mobile version