Bukalapak Gandeng Pluang Hadirkan Fitur Cicil Emas

Head of Investment Solution Bukalapak Dhinda Arisyiya dan Co-Founder Pluang Claudia Colonas. (Foto: istimewa)

youngster.id - PT Bukalapak menggandeng PT PG Berjangka (Pluang) dengan menghadirkan fitur terbaru bernama Cicil Emas bagi para pengguna Buka Emas. Kehadiran solusi ini diharapkan meningkatkan pertumbuhan pengguna Buka Emas hingga lebih dari 10% pada akhir tahun nanti.

Head of Investment Solution Bukalapak Dhinda Arisyiya menyatakan pelanggan dapat membeli investasi emas mulai dari 1 gram dengan masa cicilan paling sedikit 3 bulan hingga maksimal 24 bulan, sesuai dengan harga yang ditetapkan pada awal pembelian.

“Fitur Cicil Emas ini bakal menjawab tantangan yang terjadi selama ini dalam berinvestasi, karena fitur ini memungkinkan masyarakat mengunci harga emas di awal sebelum naik,” kata Dhinda dalam keterangannya, Kamis (19/9/2019) di Jakarta.

Dia menambahkan, emas merupakan salah satu instrumen investasi yang populer dan dinilai cocok bagi masyarakat yang ingin memberikan lindung nilai bagi kekayaannya karena harganya yang stabil. Produk ini telah mendapatkan lisensi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan merupakan bagian dari pengembangan fitur Buka Emas.

Kehadiran BukaEmas termasuk dengan fitur Cicil Emas diharapkan dapat memberikan akses kepada masyarakat yang ingin berinvestasi sehingga inklusi keuangan dapat meningkat. Lebih lanjut, dia menyatakan sejak dirilis pada 2017, Buka Emas masih melalui sejumlah percobaan. Meski demikian, menurutnya antusiasme pengguna Bukalapak untuk menggunakan fitur emas ini terus tumbuh.

Baca juga :   Kini, Nyicil di Bhineka.com Tanpa Kartu Kredit

Hal ini terbukti dari 600.000 pengguna Buka Emas pada akhir 2018, kini jumlahnya melonjak hingga 2,5 juta pengguna per Juli 2019.

Dhinda berharap, kehadiran fitur Cicil Emas ini mampu melanjutkan pertumbuhan pengguna Buka Emas setidaknya 10% setiap bulannya.

Menurutnya, potensi pertumbuhan trafik masih sangat dimungkinkan, mengingat jumlah pengguna Bukalapak sendiri saat ini jumlahnya mencapai 65 juta jiwa.

“Kami ingin sebisa mungkin menghadirkan solusi yang mudah dijangkau baik oleh para investor pemula maupun investor yang lebih berpengalaman. Kami ingin menjangkau semua kalangan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Co-Founder Pluang Claudia Colonas menyatakan berharap dengan kerja sama ini, pihaknya dapat menjangkau 65 juta pengguna Bukalapak dan memperkenalkan mereknya lebih luas kepada masyarakat. Visi kami sebagai startup fintech selaras dengan Bukalapak yatu mewujudkan inklusi keuangan dan pemerataan akses. Kita harapkan produk cicilan emas dapat menyentuh konsumen yang lebih luas. Kami tak ada target tertentu, yang paling penting edukasi kepada masyarkat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, produk Cicil Emas memiliki tiga prinsip bagi pelanggan yaitu terjangkau, mudah, dan aman. Terjangkau karena produk ini tidak membebankan biaya bunga kepada pelanggan, karena biaya tersebut telah termasuk 3% dari margin yang diambil dari setiap transaksi.

Baca juga :   Bukalapak Kampanyekan Semangat Keberagaman

Prinsip mudah juga ditawarkan karena investasi emas dapat dilakukan melalui situs/aplikasi Bukalapak tanpa perlu melakukan pendaftaran langsung ke kantor. Sementara itu, prinsip aman diterapkan dengan menyimpan seluruh emas yang ditransaksikan di Bursa Berjangka, sebelum dicetak dan dikirim ke rumah konsumen bila diinginkan.

 

STEVY WIDIA