Cek dan Laporkan Rekening Penipuan di Situs Cekrekening.id

Cekrekening.id (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Bila Anda ingin mengirimkan sejumlah uang untuk urusan investasi, transaksi pembelian, dan sejenisnya, ada baiknya mengecek terlebih dulu kebenaran nomor rekening tujuan.

Pengecekan ini sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) telah membuka sebuah portal pelaporan rekening penipu atau rekening palsu secara online.
Portal yang dimaksud bernama Cek Rekening dan bisa diakses melalui tautan berikut ini.

Saat masuk ke halaman utama portal tersebut, pengguna akan disambut dengan kolom Periksa Rekening dan Laporkan Rekening.

Ada 7 kategori kejatahan yang bisa dilaporkan melalui portal Cek Rekening, yaitu penipuan transaksi online, penipuan investasi, terorisme dan radikalisme, narkotika dan obat terlarang, penccucian uang dan korupsi, prostitusi online, serta pemerasan. Jika kejahatan yang Anda alami tidak ada dalam daftar, bisa juga memilih opsi kejahatan lain.

Jika Anda berniat mengirimkan uang kepada seseorang dan ingin mengecek kebenaran rekening tersebut, maka pilihlah menu Periksa Rekening. Pilih nama bank tujuan transfer, masukkan nomor rekening dan tekan tombol periksa.

Baca juga :   LIPI Kembangkan Komponen Baterai Lithium dari Tempurung Kelapa

Selanjutnya halaman akan menampilkan status rekening itu, yakni pernah atau tidak dilaporkan terindikasi kejahatan, status verifikasi, hingga jumlah laporan masyarakat terkait rekening itu.

Jika Anda pernah mengalami penipuan oleh oknum dengan rekening tertentu, bisa juga membuat laporan agar pengalaman tersebut menjadi referensi bagi orang lain yang ingin bertransaksi.

Caranya adalah masuk ke kolom Laporkan Rekening dan isi data-data yang diminta, seperti nama bank, nomor rekening, nama pemilik, kategori kejahatan, kronologi, serta screenshot atau scan bukti transfer dan percakapan.

Setelah mengisi semua data dengan lengkap, tekan tombol Submit untuk memasukkan laporan Anda. Nantinya, laporan ini akan muncul sebagai referensi bagi pengguna lain yang mengecek kebenaran sebuah rekening.

STEVY WIDIA