Dana Inkubator Bisnis Teknologi Akan Ditingkatkan

Karya inovator binaan Ditjen Penguatan Inovasi. (Foto : Dikti/Youngsters.id)

youngster.id - Pemerintah terus mendorong aktivitas wirausaha. Salah satunya dengan meningkatkan dana pembinaan melalui inkubator bisnis teknologi (IBT).

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti Jumain Appe mengungkapkan alokasi dana tahun 2017 bakal mencapai Rp 370 miliar. Jumlah ini meningkat dari sekitar 190 miliar pada 2016 lalu.

Menurut Jumain, peningkatan anggaran itu merupakan bentuk komitmen dari pemerintah dalam mendorong inovasi sehingga bisa terwujud berbagai aktivitas kewirausahaan. Hal itu penting karena inovasi dari berbagai pihak harus didorong agar bisa diimplementasikan.

“Salah satunya mendorong inovasi generasi muda yang sebenarnya punya potensi untuk dikembangkan sehingga bisa menciptakan usaha dan lapangan kerja. Ini juga merupakan bagian dari upaya kita semua dalam mendorong sebuah inovasi kebangsaan yang bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Dia juga mengatakan, dengan dana sekitar Rp 170 miliar pada 2016 lalu tercatat sekitar 45 IBT yang ikut didampingi dengan berbagai unit kegiatan. Untuk 2017, dengan dana mencapai Rp 370 miliar, ditargetkan sekitar 60 unit inkubator bisnis yang bisa didanai.

“Dari 60 inkubator bisnis itu diharapkan bisa tercapai 500an unit kegiatan yang bisa didorong menjadi wirausaha,” katanya.

Dia berharap dana tersebut bisa dioptimalkan dengan baik karena banyak sekali inovasi-inovasi di kampus atau masyarakat yang perlu difasilitasi agar bisa menjadi aktivitas yang nyata. Apalagi, komitmen pemerintah saat ini mendorong pemerataan pembangunan hingga ke daerah-daerah di perbatasan. Dengan demikian bisa menjadi salah satu motor dalam mendongkrak dunia usaha di daerah-daerah sesuai dengan potensi setempat.

STEVY WIDIA

Exit mobile version