Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Dorong Semangat Gemar Membaca Lewat Konten Kreatif di TikTok

7 Juli 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
TikTok

TikTok gelar kampanye #SerunyaMembaca. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia. Untuk terus meningkatkan semangat membaca terutama dari kalangan generasi muda, TikTok dan Gramedia menggelar kampanye #SerunyaMembaca.

Riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional tahun 2021menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Hal ini juga terlihat di TikTok, di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati oleh komunitas TikTok.

Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia Kevin Chandra mengungkapkan, beberapa tahun belakangan ini TikTok melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views.

“Oleh karena itu, kami kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat. Selain itu, kami juga ingin memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bersama komunitas TikTok,”  jelas Kevin dalam jumpa pers virtual, Rabu (6/7/2022).

Baca juga :   GMV Blibli di Jawa Timur Tumbuh 110%

Menurut Kevin, melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka. “Selaras dengan fenomena ini, kampanye #SerunyaMembaca ingin meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok serta masyarakat luas akan serunya menimba ilmu melalui medium buku,” ujarnya.

Kampanye #SerunyaMembaca yang diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022 ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program. Diantaranya, tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok.

Baca juga :   Permudah Pembayaran, Gramedia Gandeng Cashlez

Selain itu, TikTok LIVE akan menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvta Ho dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca.

Marketing & Communication Manager Gramedia Raja Tubagus Wijaya Kusuma mengatakan, TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca.

“Sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan tujuan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

“Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat adalah tujuan utama Taman Bacaan Pelangi sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur,” kata Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi.

Baca juga :   JFW Gandeng TikTok Gelar Fashion Show Virtual

Kampanye #SerunyaMembaca ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022.

 

STEVY WIDIA

Tags: GramediaTaman Bacaan PelangiTikTok
Previous Post

Startup Greens Hadirkan Inovasi Teknologi Agrikultur Untuk Desentraliasi Sumber Pangan

Next Post

Ternyata, Laki-Laki Lebih Doyan Belanja Online

Related Posts

TikTok
News

TikTok Kini Punya Fitur Voice Notes dan Bisa Kirim Banyak Foto dan Video Sekaligus

8 September 2025
0
Kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok
Headline

TikTok Aktifkan Kembali Fitur Live, Lebih Aman dan Beradab

3 September 2025
0
TikTok Now
News

Ini Alasan TikTok Nonaktifkan Fitur “LIVE”

1 September 2025
0
Load More
Next Post
Laki-laki belanja

Ternyata, Laki-Laki Lebih Doyan Belanja Online

Telkom Funtastic Days 2022

Semarak Perayaan HUT ke-57, Telkom Hadirkan Funtastic Days 2022

NCT 127

Blibli Akan Hadirkan Boyband NCT 127 Saat Perayaan Ulang Tahun

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version