Dorong Semangat Gemar Membaca Lewat Konten Kreatif di TikTok

TikTok

TikTok gelar kampanye #SerunyaMembaca. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia. Untuk terus meningkatkan semangat membaca terutama dari kalangan generasi muda, TikTok dan Gramedia menggelar kampanye #SerunyaMembaca.

Riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional tahun 2021menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Hal ini juga terlihat di TikTok, di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati oleh komunitas TikTok.

Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia Kevin Chandra mengungkapkan, beberapa tahun belakangan ini TikTok melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views.

“Oleh karena itu, kami kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat. Selain itu, kami juga ingin memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bersama komunitas TikTok,”  jelas Kevin dalam jumpa pers virtual, Rabu (6/7/2022).

Menurut Kevin, melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka. “Selaras dengan fenomena ini, kampanye #SerunyaMembaca ingin meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok serta masyarakat luas akan serunya menimba ilmu melalui medium buku,” ujarnya.

Kampanye #SerunyaMembaca yang diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022 ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program. Diantaranya, tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok.

Selain itu, TikTok LIVE akan menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvta Ho dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca.

Marketing & Communication Manager Gramedia Raja Tubagus Wijaya Kusuma mengatakan, TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca.

“Sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan tujuan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

“Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat adalah tujuan utama Taman Bacaan Pelangi sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur,” kata Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi.

Kampanye #SerunyaMembaca ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version