Dukung Kemajuan Pengusaha Wanita Indonesia, Moka Gandeng IWAPI

VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan dan Ir Nita Yudi Ketua Umum IWAPI bererta anggotanya. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Berdasarkan data Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) ada lebih dari 30 ribu pengusaha perempuan di Indonesia. Mereka perlu mendapat dukungan terutama dalam akses teknologi baru agar dapat mengikuti perkembangan industri di era 4.0.

VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan menjelaskan, kontribusi womenpreneur di Indonesia tidaklah kecil. Menurut data IFC World Bank, walaupun waktu dan sumber daya wanita dalam berbisnis kadang terbatasi karena peran gandanya yang memiliki lebih dari satu tanggung jawab, jumlah pengusaha wanita (sebanyak 16%) lebih menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria (14%).

“Kami di Moka percaya bahwa solusi teknologi dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha wanita di Indonesia. Dengan menciptakan dukungan ekosistem yang sesuai untuk para womenpreneur melalui teknologi, tidak hanya bertahan, bisnis juga dapat terus berkembang dan bersaing seutuhnya,” ucap Bayu pada talkshow edukasi pebisnis UMKM, A Cup of Moka (ACOM) edisi spesial International Woman’s Day, Kamis (22/3/2019) di Harlequin Jakarta.

Baca juga :   Shopee Luncurkan Fitur Hiburan Dengan Teknologi AR

Untuk itu Moka, penyedia sistem kasir digital Indonesia melakukan penandatanganan kerjasama dengan IWAPI. Langkah ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pengusaha wanita dalam berbisnis. Melalui kerjasama ini, MOKA akan memberikan berbagai pelatihan bisnis berbasis teknologi kepada para pengusaha wanita yang tergabung dalam IWAPI di berbagai daerah.

“Dengan Moka selaku startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” kata Ir Nita Yudi Ketua Umum IWAPI pada kesempatan tersebut. Dia berharap langkah ini dapat meningkatkan kualitas pengusaha wanita dalam berbisnis.

“Kami berharap lewat kerjasama ini para pengusaha wanita dapat terus terinspirasi untuk mengembangkan dirinya dalam berkreasi dan berinovasi dengan teknologi,” ujarnya.


Tidak hanya pengukuhan kerja sama antara Moka dan IWAPI, rangkaian acara A Cup of Moka (ACOM) dalam memperingati Hari Wanita Sedunia di tahun 2019 ini diisi dengan berbagai kegiatan inspiratif yang juga dihadiri oleh para pelaku bisnis wanita yang ingin belajar langsung dengan ahlinya.

Baca juga :   SOHO Pancoran Akomodir Kebutuhan Entrepreneur Muda dan Startup

Tampil sebagia narasumbuer Deputi CEO Fore Coffee – Elisa Sutedja, Founder Buumi Playscape Erica, Owner Haimimo, Desta Rissasanti, Owner MadForMakeup, Dr. Shirley Oslan, dan ditutup dengan cooking class oleh Putri Habibie, influencer Indonesia di dunia masak.

STEVY WIDIA