E-commerce Antisipasi Lonjakan Transaksi Setelah PSBB Diberlakukan

Tokopedia Ramadan Ekstra

Tokopedia Ramadan Ekstra. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Blibli mengantisipasi kemungkinan transaksi melonjak akibat kebijakan ini. Termasuk dalam menyambut Ramadan.

William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia, pihaknya memutuskan selebrasi tidak akan menjadi fokus di Ramadan tahun ini. Tokopedia akan fokus membantu upaya pemerintah dalam menanggulangi persebaran COVID-19.

“Kami berkomitmen memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, menjaga kelangsungan bisnis para penjual, sekaligus turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, lewat kampanye #JagaEkonomiIndonesia,” kata William dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

Dia menegaskan Tokopedia akan memastikan masyarakat dapat memenuhi berbagai kebutuhan, terutama selama Ramadan, dari rumah. Mulai dari ketersediaan produk, harga terjaga dan kemudahan pengiriman lewat peningkatan layanan bersama para mitra logistik dan fitur Bebas Ongkir.

Selain itu, Tokopedia juga memastikan para penjual dapat terus berbisnis melalui dan mendapat kemudahan berbisnis daring di Tokopedia selama periode April sampai dengan akhir Juli 2020.

Sementara VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menyebutkan, jumlah mitra penjual di platform-nya lebih dari 7,6 juta. Ia mengklaim, harga 250 juta produk yang diperdagangkan transparan, termasuk bahan pangan, produk kesehatan dan lainnya.

Dmikian jgua dengan Bukalapak. “Kami akan terus memastikan kebutuhan masyarakat akan bahan pokok dan produk kesehatan dapat terpenuhi dan diakses dengan mudah. Tentunya dengan harga yang tetap wajar,” kata Intan Wibisono Head of Corporate Communications Bukalapak

Sementara Shopee fokus mengantisipasi lonjakan permintaan akibat PSBB. Caranya, memastikan produk tersedia dengan harga yang wajar.

“Kami mengupayakan layanan pengiriman yang efektif kepada para pengguna di seluruh Indonesia,” kata Aditya Maulana Noverdi Public Relations Shopee.

Sedangkan Blibli bakal memaksimalkan 20 warehouse dan 32 hub di 15 kota termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar. “Ini menjadi keunggulan kami dalam mengontrol penuh pengoperasian dan kualitas layanan logistik, termasuk Same Day Delivery, saat situasi apapun,” ujar Lisa Widodo Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli.

STEVY WIDIA

Exit mobile version