E-Commerce Masih Jadi Penggerak Tren Logistik

Grab Indonesia memperkuat layanan logistik GrabExpress. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bisnis e-commerce masih menjadi faktor penggerak untuk tren layanan logistik di 2021. Untu itu, inovasi yang dihadirkan di tahun ini diharapkan bisa menstimulasi digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari mengatakan, bisnis e-commerce masih akan menjadi faktor penggerak untuk industri ini dan diikuti oleh social commerce.

“Untuk tren logistik, berdasarkan pantauan kami, e-commerce akan sangat berkembang. Kami juga melihat social commerce akan menjadi penggerak di bisnis logistik 2021,” ungkapnya baru-baru ini.

Sementara layanan logistic GrabExpress menurut Tyas berkembang signifikan di 2020. Layanan akan terus berinovasi memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk pelaku UMKM dan social seller.

Grabexpress juga mengungkap deretan barang yang banyak dikirim melalui platformnya. Nomor satu adalah makanan. Sementara untuk tren logistik di 2021, Bisnis e-commerce masih akan menjadi faktor penggerak untuk industri ini dan diikuti oleh social commerce.

“Makanan menjadi item yang paling banyak dikirim via GrabExpress mengingat layanan yang ditawarkan memang melayani kebutuhan pengiriman cepat, baik untuk express maupun sameday. Karena dengan layanan kami yang express dan sameday, sedangkan makanan tidak bisa tahan lama, banyak pengguna lebih memililih layanan kami daripada ekspedisi,” ungkap Tyas.

Selain itu, barang lain yang juga kerap dikirim melalui GrabExpress adalah produk fashion. Sementara barang terakhir yang kini meningkat pengirimannya adalah dokumen.

“Dokumen ini sudah mulai marak, meski dari dulu sudah ada. Namun sekarang kita terpaksa work from home, dan kantor mungkin membutuhkan dokumen dengan tanda tangan basah. Pengiriman ini mulai banyak dilakukan, baik ke kantor atau ke rumah,” ujarnya menjelaskan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version