youngster.id - Marketplace streetwear yang berbasis di Singapura, Novelship, berhasil mengumpulkan US$9,5 juta atau sekitar Rp146 miliar dalam putaran pendanaan Seri B yang dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari iGlobe Partners dan GSR Ventures.
Pendanaan ini merupakan pencapaian baru dari Novelship, mengikuti kolaborasi dengan superstar rap Amerika, Snoop Dogg, pada bulan Juni 2023 untuk memperluas koleksi. Novelship juga turut meluncurkan produk in-house atau dengan brand Novelship, termasuk kaos, kaus kaki, tali sepatu, dan pelindung sol sepatu.
Richard Xia, Co-Founder dan CEO Novelship mengatakan, pendanaan ini akan mempercepat langkah perusahaan untuk memperkuat eksistensi brand Novelship di Asia Tenggara. Hal ini akan mencakup peningkatan kemampuan logistik, penyempurnaan proses otentikasi, memperbanyak koleksi, dan memprioritaskan proses pengiriman yang ramah lingkungan.
“Seiring dengan pergeseran prioritas kolektor ke arah aksesibilitas, efisiensi, dan integritas, Novelship terus berkomitmen untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut di platform kami. Kami sangat menghargai kepercayaan para investor terhadap visi perusahaan untuk meningkatkan layanan berbasis kolektor di pasar Asia, yang mendorong semangat dan komitmen kami untuk terus maju,” kata Richard, Kamis (14/9/2023).
Didirikan pada tahun 2018, Novelship hadir sebagai platform dengan pertumbuhan pasar tercepat di Asia bagi para pembeli dan penjual untuk memperdagangkan sepatu sneakers 100% otentik, pakaian edisi terbatas, serta barang koleksi fisik dan digital eksklusif.
Novelship secara aktif melakukan diversifikasi koleksinya untuk menjangkau pasar wanita yang terus berkembang. Untuk mendukung hal tersebut, Novelship meningkatkan SKU sepatu sneaker yang dibuat untuk wanita sebanyak 100 SKU, mendukung inklusivitas dan keterjangkauan bagi semua kolektor.
Seiring dengan berkembangnya basis pelanggan, Novelship turut meningkatkan pasokan sehingga menghasilkan pertumbuhan daftar barang sebesar 150% pada tahun fiskal 2022, termasuk lonjakan sebesar 140% pada SKU yang berpusat pada wanita.
Saat ini, Novelship telah menjadi salah satu icon fashion terkemuka di Asia, dengan basis pengguna yang meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.
“Kami senang melanjutkan dukungan kami dalam perjalanan Novelship di saat mereka memperbarui pasar dan memberikan nilai yang tak tertandingi bagi para penggemar sneakers dan barang koleksi di wilayah ini. Novelship telah terbukti sebagai marketplace terpadu untuk memenuhi keinginan para kolektor. Kami turut bangga melihat bagaimana Novelship menerapkan praktik-praktik berkelanjutan dalam operasi bisnis mereka. Kami berharap dapat terus menyaksikan pencapaian menarik yang akan dihadirkan Novelship ke depannya,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.
Novelship telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 37% dari sisi pendapatan dan 55% dari sisi transaksi.
STEVY WIDIA